Fun Red Velvet Eclairs with Dhita

Hi Sahabat Primarasa, kali ini saya bereksperimen membuat salah satu hidangan manis yang saya suka yaitu Red Velvet Cake, tapi dalam bentuk Eclairs. Terinspirasi dari HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-75, kue dengan nuansa merah putih. Saya bukan orang yang ahli dalam baking, tetapi tidak membuat saya takut justru membuat saya penasaran. Saya suka 'bermain' dalam hal masak memasak termasuk dengan baking. Just make it fun!

Karena saya biasa bekerja di belakang kamera, saat harus berada di depan kamera pun saya menjadi grogi sampai lupa mengutarakan hal-hal penting yang harusnya saya share di video ini. Dasar dari kue Eclairs itu sendiri yaitu choux pastry (kulit), dan custard (isian), lalu cokelat coating pada bagian atasnya. Membuat choux pastry memang sedikit tricky, tapi resep ini selalu berhasil untuk saya. Sebelum dimasukan pewarna merah, Anda bisa stop sampai disitu untuk membuat kulit eclairs, atau kulit kue soes yang sebenarnya. Lalu, Anda dapat berkreasi dengan apapun yang Anda suka untuk membuat isiannya, seperti cokelat, green tea, peanut butter, dan lain-lain. Trust me, ini resep choux pastry anti gagal!
 
Untuk Red Velvelt Eclairs ini, saya menjadikan cream cheese sebagaikan fillingnya. Biasanya dalam klasik red velvet cake, cream cheese dijadikan sebagai layer filling dan frosting. Untuk toppernya, saya menggunakan whipped cream sebagai 'lem' untuk taburan crumbs yang ceritanya seperti confetti.. he he. Sebelum dihidangkan, lebih baik untuk dimasukan ke dalam kulkas terlebih dahulu selama 1 - 2 jam agar cream cheese didalamnya padat.

Dalam membuat kue atau baking, saya selalu menggunakan takaran cup. Karena takaran cup mempunyai volume yang tetap, sehingga membuat saya percaya diri memasaknya. Maklum, saya pernah berpengalaman membuat kue dengan takaran gram menggunakan timbangan yang ternyata rusak. Kunci sukses dari baking itu hanya takaran yang tepat. Selamat mencoba!

Salam,
Dhita


Bahan I
1 cup air
1 cup tepung terigu
115 g butter (unsalted)
½ sdt garam
4 butir telur
pewarna merah
 
Bahan II (filling)
1 ½ cup gula halus
150 g cream cheese, suhu ruangan
2 sdm butter, suhu ruangan
2 sdm susu cair
1 sdt vanilla esktrak
1 sdt air lemon
 
Bahan III
250ml whipping cream
crumbs (dari 1 kulit yang dihancurkan)

Cara masak:
1. Choux pastry - Preheat oven pada suhu 180C. Didihkan air dan mentega dalam sauce pan dengan api sedang. Taburi garam. Jika sudah mendidih, matikan api, lalu masukan tepung terigu. Aduk-aduk hingga menyatu. Nyalakan kembali api sedang, masak adonan selama 1-2 menit saja.
2. Pindahkan adonan kedalam mangkuk besar, aduk-aduk sampai sedikit dingin. Lalu masukan telur satu persatu, aduk terus hingga semua menyatu.
3. Beri pewarna merah sedikit-sedikit sampai pada warna yang dituju. Masukan kedalam piping bag (plastik dekor, atau dapat menggunakan plastik kiloan), potong ujungnya, lalu tuangkan kedalam baking pan yang sudah dialasi kertas roti. Beri jarak karena choux pastry akan mengembang. Olesi air pada atasnya agar lebih keras.
4. Masukan kedalam oven selama 25 menit. Setelah keluar dari oven, tusuk pada kedua bagian ujungnya agar panas didalamnya keluar. Sisihkan sampai dingin.
5. Cream Cheese Filling - campur semua bahan jadi satu ke dalam mangkuk besar, mix hingga menyatu. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit jika masih terlalu kental. Masukan kedalam piping bag, lalu simpan di dalam kulkas.
6. Topper - kocok whipping cream hingga padat. Ambil satu kulit eclair, lalu diremas-remas dengan tangan hingga menjadi crumbs.






 

RELATED VIDEO

Sup Bakso Rambutan ala Jeffry Tan

Fashion Designer Tanah Air, Jeffry Tan masak di dapur Primarasa.

One Step Avocado Pesto with Margie

Bumbu dasar ala Itali dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya.