IKAN ITU ENAK
Ikan itu segar, murah, menyehatkan, dan mencerdaskan

AYO IKUT LOMBA!

Kami menantang Anda untuk mengikuti Lomba Masak Ikan Nusantara untuk menunjukkan bakat mengolah ikan menjadi hidangan lezat dan bergizi. Unggah resep andalan Anda dengan foto masakan dan ikuti audisinya mulai Juli 2018. Anda akan mendapat pelatihan khusus dari tim Dapur Uji femina untuk menyempurnakan menu andalan Anda. Pemenang akan berkesempatan untuk menghidangkan masakan kepada Presiden RI di Istana Negara, Jakarta

MENGAPA IKAN?

Kita beruntung tinggal di negara maritim karena gampang sekali untuk mendapatkan ikan segar dan berbagai hasil laut lainnya. Namun, fakta yang mengejutkan adalah 70% ibu hamil di daerah Indonesia Timur menderita anemia serta kekurangan gizi dan protein.

Ya, saat ini Indonesia masih menghadapi masalah kekurangan gizi yang mengakibatkan tubuh kurus, pendek (stunting), dan anemia. Padahal, ikan merupakan salah satu sumber utama protein, vitamin, dan mineral yang dapat dimanfaatkan untuk gizi lebih baik. Karena itu, Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden No.1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Program prioritas perbaikan gizi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup generasi emas bangsa Indonesia.

Agar ikan semakin digemari, kita tinggal mengolahnya menjadi hidangan lezat dengan menggunakan aneka resep Nusantara. Bayangkan jika satu provinsi punya satu resep andalan, maka dengan 34 provinsi yang ada di Indonesia kita tidak akan pernah bosan mengonsumsi ikan.

Cek resep berbahan utama ikan dan boga bahari (seafood) sebagai inspirasi Anda untuk mengikuti Lomba Masak Ikan Nusantara di sini.

FAKTA GIZI IKAN

Se
SELENIUM

Selenium sudah diakui sebagai unsur esensial bagi manusia dan merupakan bagian penting dari enzim yang berperan dalam membuat antioksidan. Selenium membantu mencegah kerusakan DNA yang disebabkan oleh zat kimiawi dan radiasi.

Ω3
Omega-3

Kandungan Omega-3 (asam lemak tak jenuh) pada ikan jauh lebih tinggi dibanding sumber protein hewani lainnya seperti daging sapi dan ayam. Untuk pencegahan terhadap kekurangan asam lemak esensial, ahli nutrisi menyarankan manusia harus mengonsumsi tidak kurang dari 2,4% dari total asupan Omega-6 dan 0,5 - 1% dari total asupan Omega-3. Konsumsi ikan secara teratur memegang peranan penting dalam memenuhi rasio Omega-3 dan Omega-6.

Fe
ZAT BESI

Aneka ikan dan hasil laut mengandung zat besi atau ferrum, salah satu mineral yang berguna untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi akan membuat kekebalan tubuh berkurang serta memengaruhi perkembangan kognitif dan motorik seseorang.

Zn
Seng

Tubuh manusia membutuhkan seng atau zinc sebagai mineral untuk menunjang pertumbuhan, metabolism, menyembuhkan luka, serta menjaga kesehatan mata, rambut, kulit, hingga otot. Ikan salmon adalah salah satu sumber seng tertinggi dari hasil laut.

Vitamin
Vitamin

Ada empat vitamin yang dimiliki ikan, yaitu vitamin A yang bekerja sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan mata; vitamin D untuk menjaga metabolisme kalsium serta pertumbuhan tulang; vitamin B6 yang mendukung metabolisme asam amino dan lemak, mencegah anemia, juga kerusakan saraf; dan vitamin B12 yang membantu pembentukan sel darah merah, metabolism lemak, serta melindungi jantung.

Tips & Teknik: Mengolah Ikan
Oleh Primarasa