Acara & Liputan

Jakarta Dessert Week, Festival Dessert Online yang Penuh Keajaiban


Foto: Jakarta Dessert Week

 
Setelah sukses menyelenggarakan Jakarta Dessert Week 2019, Jakarta Dessert Week kembali dengan konsep baru yang tidak kalah menarik. Jakarta Dessert Week merupakan festival yang menggunakan pendekatan restaurant week atau restaurant hopping. JDW didirikan oleh 6 orang, yaitu Arimbi Nimpuno Probosutedjo, Gupta Sitorus, Kevindra Soemantri, Primo Rizky, Talita Setyadi, dan Tria Nuragustina. Jakarta Dessert Week terdiri dari toko-toko dan usaha dessert dan juga koki yang ahli mengenaia dessert dan menyumbangkan warna unik pada dessert di Jakarta.

JDW juga merupakan pelopor sekaligus satu-satunya festival dessert yang setiap tahunnya mengusung tema tertentu yang berbeda-beda. Pada tahun 2019, JDW mengusung tema “Retro”, dimana dikaitkan dengan cita rasa tempo dulu/desserts jadul. Setiap partisipan JDW 2019 ditantang untuk menciptakan rasa-rasa yang sesuai dengan tema. JDW 2019 melibatkan 15 pastry shop di Jakarta seperti La Patisserie, Cold Moo, NUSA Gastronomy, The Pancake & Co, dan lain-lain.

Berlangsungnya pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang sangat besar kepada banyak pihak dan pelaku usaha, salah satunya sektor makanan. Salah satu pendiri JDW, Gupta Sitorus mengatakan “Sektor F&B adalah salah satu sektor yang terdampak paling berat saat pandemi. Untuk itu kami terpanggil untuk membantu teman teman di sektor ini dengan tetap melaksanakan JDW namun dengan konsep yang berbeda yaitu online festival berkolaborasi dengan Tokopedia”. Pada tahun 2020, JDW diselenggarakan dengan mengusung tema yang sangat menarik: Magical. Bermitra dengan Tokopedia, sebuah platform e-commerce ternama di Indonesia, JDW mengadakan festival dessert online pertama di Indonesia dari tanggal 5-25 Oktober 2020. Jakarta Dessert Week at Home memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan para pecinta dessert sehingga untuk menikmati dessert mereka tidak perlu keluar rumah.

JDW at Home merupakan kampanye festival terlama di Tokopedia, yang menghadirkan berbagai dessert limited edition. AVP of Business Tokopedia, Jessica Stephanie Jap, mengungkapkan, “Tokopedia selalu berupaya membantu pegiat usaha lokal, termasuk dari industri makanan dan minuman, mendapatkan panggung seluas-luasnya untuk dapat beradaptasi di tengah pandemi. Hal ini dilakukan lewat kolaborasi dengan berbagai mitra strategis, salah satunya Jakarta Dessert Week.” Jessica juga melanjutkan, “Harapannya, kolaborasi ini juga dapat mempermudahmasyarakat mendapatkan berbagai produk makanan dan minuman, seperti makanan manis, tanpa keluar rumah. Mengingat belanja online juga dapat menurunkan risiko penularan virus di tempat ramai.”

Dalam JDW 2020, akan ada 63 brand yang berpartisipasi, seperti Ann’s Bakery, Creamery, Dough Lab, Exquise Patisserie, Gelato Secrets, Fuwa-Fuwa World, Titik Temu Coffee, Manatea Soft Serve, Momoiro Bakes, North Pole Gelato, Pipiltin Cocoa, Sucre by Sheila, dan lainnya. JDW juga menghadirkan pengusaha dessert seperti Bittersweet by Najla, Mookie, Dapur Cokelat, Cupcakes Company, Walls, Unicornetto Mini (Cornetto), BEAU Bakery bersama Indomilk, Tepung Terigu Bungasari, dan Les Vergers Boiron, Namelaka, Don Bakeshop, DORÉ by LeTAO, bersama Elle & Vire, Momoiro Bakes, Lady Eve Patisserie, BEAU Bakery, Tomaple Gourmet Potato Doughnuts bersama Tepung Terigu Bungasari.

Tidak hanya itu, aka nada live streaming dari chef ternama. Akan ada 18 video yang tayang di Tokopedia Play pada 10-11 Oktober. Chef tersebut antara lain: Talita Setyadi x Les Vergers Boiron; Renatta Moeloek x Wall’s Unicornetto Mini (Cornetto); Karen Carlotta x Indomilk, Devina Hermawan x Elle & Vire, Tissa Aunilla x Pipiltin Cocoa; Yuda Bustara x Hong Kong Tourism Board, Putri Miranti dan Debryna Dewi x Kumala Home Kitchen, Will Goldfarb, Kim Pangestu, Gloria Susindra, dan lainnya.

Untuk melihat informasi yang lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi akun media sosial resmi JDW @jakartadessertweek. Halaman Tokopedia khusus untuk Jakarta Dessert Week dapat diakses dari link berikut ini: https://bit.ly/30yhpps (P)

Share

REVIEW

ARTIKEL LAINNYA

HappyFresh: Komitmen Untuk Mengalahkan COVID-19

oleh Primarasa - 13 May 2020

Marathon untuk mengumpulkan donasi bagi orang-orang yang terkena dampak wabah COVID-19.

Mengenal shirataki bersama FITmee.

oleh Primarasa - 23 Jan 2020

Mi instan rendah kalori berbahan dasar shirataki pertama di Indonesia kini hadir dengan 4 varian rasa.

Dapur Oma Elly: Cita Rasa Italia Penuh Cinta

oleh Primarasa - 30 Dec 2019

Menikmati sajian lezat khas Italia dalam tatanan dapur terbuka yang eksklusif.

Gorry Gourmet. Katering Sehat Berbasis Teknologi

oleh Primarasa - 26 Dec 2019

Solusi gaya hidup sehat untuk diri sendiri dan orang sekitar.

Kecap Sedaap Lomba Masak Resep Mertua Surabaya

oleh Primarasa - 30 Oct 2019

Surabaya menjadi kota penutup rangkaian lomba masak resep mertua roadshow

Membicarakan Branding Produk Selalu Seru, dari Kemasan Hingga Persepsi Pelanggan

oleh Primarasa - 16 Oct 2019

Branding berperan penting untuk menentukan posisi sehingga menjadi pembeda dengan kompetitor.

VIDEO

Blueberry Muffin with Margie

Membuka rahasia resep andalan yang sesuai dengan keinginannya.

One Pan Mackerel ala Tante Sayur

Rahasia Tante Sayur dalam mengolah ikan dan sayur dengan sedikit bumbu.

Honey Butter Chicken with Yoland Handoko

Ayam dengan saus madu ala Korea dengan bahan-bahan yang mudah didapat

Aglio Olio ala Nyonya Italia

Teknik memasak pasta yang paling dasar langsung bersama orang Itali

Sup Bakso Rambutan ala Jeffry Tan

Fashion Designer Tanah Air, Jeffry Tan masak di dapur Primarasa.

Fun Red Velvet Eclairs with Dhita

Kue bernuansa merah putih untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke-75!

One Step Avocado Pesto with Margie

Bumbu dasar ala Itali dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya.