Artikel Boga

Camilan Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia


Foto: Primarasa.co.id, Food.detik.com, Visittanjungputing.com, Unileverfoodsolutions.co.id

Indonesia dikenal baik dengan keberagaman budayanya. Bahkan, keberagaman ini tercantum dalam semboyan bangsa Indonesia yang berbunyi “Bhinneka Tunggal Ika”, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Saat ini, Indonesia memiliki 7 kepulauan yang terbagi ke dalam 34 provinsi berbeda. Provinsi-provinsi ini memiliki kebudayaan yang berbeda-beda pula, dimulai dari lagu daerah, baju adat, cerita daerah, rumah adat, sampai makanan khas daerah.

Indonesia juga dikenal dengan kekayaan alamnya, salah satunya kekayaan akan rempah-rempah dan berbagai bumbu. Hal ini menyebabkan makanan-makanan khas daerah Indonesia memiliki cita rasa yang unik dan berbeda-beda di setiap daerahnya. Tidak hanya makanan pokok saja, namun Indonesia juga kaya akan cemilan dan jajanan yang nikmat. Berikut adalah beberapa cemilan khas dari beberapa pulau dan provinsi di Indonesia yang wajib Anda cicipi:

1. Pempek – Sumatera Selatan 

Pempek merupakan cemilan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari ikan yang dicampur dengan tepung kanji. Tidak hanya Palembang saja, namun hampir semua daerah di Sumatera Selatan memiliki pempek. Pempek biasa disajikan dengan kuah cuko (kuah cuka hitam). Pempek menawarkan rasa yang gurih dan kenyal, yang dipadukan dengan kuah yang manis dan pedas.

2. Kuku Macan atau Amplang – Kalimantan 

Amplang atau kuku macan khas Kalimantan ini wajib dicoba. Rasanya gurih dan sangat renyah. Walaupun Namanya kuku macan, namun tentu saja kerupuk ini tidak terbuat dari kuku maupun daging macan, melainkan terbuat dari ikan. Disebut kuku macan karena bentuknya yang menyerupai kuku macan. Walaupun bahan dasarnya ikan, namun kerupuk ini tidak amis dan cocok dimakan sebagai cemilan maupun dimakan dengan nasi.

3. Sagu Lempeng – Papua 

Seperti yang kita ketahui, makanan pokok di Papua adalah sagu. Salah satunya adalah sagu lempeng. Sagu lempeng memiliki arti sagu yang diolah sehingga berbentuk lempengan. Sagu Lempeng seringkali disebut roti tawar orang Papua karena rasanya yang menyerupai roti tawar. Sagu Lempeng tidak memiliki rasa (tawar), dan teksturnya keras, sehingga biasanya masyarakat Papua memakannya dengan dicelupkan ke dalam teh atau kopi supaya mendapatkan tekstur yang lebih lunak.

4. Pie Susu – Bali 

Cemilan yang satu ini sudah sangat terkenal dan merupakan jajanan wajib jika kita berkunjung ke pulau Dewata, Bali. Pie susu disukai oleh banyak orang karena rasanya yang manis, dan tekstur renyah pada kulit pie dan tekstur lembut di bagian isian (susu). Biasanya pie susu Bali dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bali.

5. Lepat – Aceh 

Merupakan cemilan khas daerah Aceh. Lepat terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang. Biasanya cemilan ini ditemukan hanya pada bulan Ramadhan. Yang menjadi unik dari cemilan ini adalah lepat dapat bertahan selama beberapa bulan setelah dimasak tanpa menjadi busuk/basi. Ketika ingin dimakan lagi, lepat akan dibakar untuk mendapatkan tekstur yang renyah dan tidak keras.

6. Geblek – Yogyakarta 

Geblek merupakan makanan khas Kulon Progo, Yogyakarta. Sebenarnya, selain gudek dan bakpia, Jogja memiliki sangat banyak makanan khas daerah, loh. Salah satunya geblek. Geblek memiliki rasa yang unik, hasil perpaduan antara tepung tapioka dan bawang yang digoreng. Geblek bisa dinikmati dengan atau tanpa saus tambahan.

7. Putu Mayang – Jakarta 

Kue yang satu ini merupakan salah satu cemilan khas masyarakat Betawi. Cemilan ini terbuat dari tepung kanji/beras dan yang dibentuk seperti mie dan diberi pewarna, dan disiram dengan kuah gula merah yang sudah dicampur dengan santan. Kue putu mayang cocok untuk dinikmati sebagai hidangan saat berbuka puasa. Sayangnya, saat ini penjual kue putu mayang sudah cukup sulit ditemui di Jakarta.

8. Panada – Sulawesi 

Manado memiliki roti kebanggaannya, yaitu panada. Panada sering disamakan dengan pastel karena bentuk luarnya yang mirip, namun panada memiliki tekstur seperti roti yang diisi dengan daging ikan. Perpaduan rasa manis dari kulit dan rasa gurih dari daging ikan menciptakan cita rasa unik yang khas dan memanjakan lidah.

Nyatanya, Indonesia memiliki sangat banyak kuliner dan cemilan khas yang tersebar di 34 provinsi. 8 kuliner di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya cemilan khas daerah yang terdapat di Indonesia. Sudahkah Anda mencicipi cemilan-cemilan di atas? (P)
 

Share

REVIEW

ARTIKEL LAINNYA

Cita Rasa Minuman Khas Kalimantan

oleh Primarasa - 16 Sep 2020

Minuman-minuman segar dari Kalimantan yang rasanya menggugah selera.

Mie Lethek, Hidangan Unik dari Bantul

oleh Primarasa - 16 Sep 2020

Mie sehat asal Indonesia yang disukai oleh Barack Obama.

Bandung, Surganya Para Pecinta Kuliner

oleh Primarasa - 29 Aug 2020

Cicipi 5 kuliner khas Bandung yang menggiurkan.

Sate, Kuliner Asli Indonesia yang Go International

oleh Primarasa - 24 Aug 2020

Terinspirasi dari pedagang Timur Tengah yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia.

Serba-serbi Kuliner Indonesia yang Menggunakan Daun Pisang

oleh Primarasa - 18 Aug 2020

Beserta tips agar daun pisang tidak mudah robek.

Pengaruh Belanda dalam Kuliner Indonesia

oleh Primarasa - 10 Aug 2020

7 hidangan populer Indonesia yang terakulturasi dari Belanda.

VIDEO

Sup Bakso Rambutan ala Jeffry Tan

Fashion Designer Tanah Air, Jeffry Tan masak di dapur Primarasa.

Fun Red Velvet Eclairs with Dhita

Kue bernuansa merah putih untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke-75!

One Step Avocado Pesto with Margie

Bumbu dasar ala Itali dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya.