Artikel Boga

Cita Rasa Minuman Khas Kalimantan


Foto: Pixabay.com

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau besar di Indonesia, yang sering juga disebut “Borneo”. Pulau ini terbagi menjadi 5 provinsi yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara, dan menghidupi lebih dari 15 juta jiwa yang tinggal di pulau tersebut. Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau yang dikelilingi oleh hutan hujan tropis, sehingga saat berkunjung ke daerah-daerah di dalamnya tidak heran jika kita akan menemukan banyak pohon dan hutan. Kehijauan dan keasrian Kalimantan ini menjadi salah satu daya tarik Kalimantan di mata turis dan masyarakat dari berbagai daerah lain di Indonesia. Kalimantan terkenal dengan kebersihan kotanya, dan banyaknya destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh para pendatang atau pengunjung pulau ini, mulai dari wisata alam, wisata budaya, dan lain sebagainya. Keindahan pulau Kalimantan pun menjadi salah satu ikon dari pulau ini.

Selain kebersihan, kehijauan, dan keberagaman destinasi wisata, pulau Kalimantan juga dikenal dengan banyaknya kuliner yang menggiurkan dan khas. Kuliner ini pun terdiri dari berbagai jenis, seperti kudapan, kerupuk, minuman, es, hidangan pembuka dan penutup, lauk, sayur, dan masih banyak lagi. Mulai dari makanan-makanan seperti choi pan, kudapan gurih yang berisi ebi dan lobak, Soto Banjar khas suku Banjar, Kalimantan Selatan, yang sudah terkenal dan dapat ditemukan di berbagai kota di Indonesia, amplang, kerupuk yang gurih dan enak, kepiting soka, dan berbagai makanan lain. Selain makanan-makanan di atas, pulau Kalimantan juga memiliki banyak es dan minuman khas yang segar dan cocok dikonsumsi untuk meningkatkan mood dan sebagai teman dikala musim panas. Berikut merupakan es-es dan minuman menyegarkan lain khas berbagai daerah di Kalimantan.

1. Ce Hun Tiaw – Kalimantan Barat
Ce hun tiaw merupakan makanan khas Kalimantan yang banyak dipengaruhi oleh budaya etnis tionghoa. Ce hun tiaw sering disebut-sebut sebagai cendolnya pulau Kalimantan, karena bahan kuahnya yang hampir sama. Ce hun tiaw merupakan hidangan yang terbuat dari adonan tepung yang dibentuk menjadi panjang-panjang seperti mie, kemudian disiram dengan kuah santan dan gula, dan dilengkapi dengan berbagai pelengkap lain seperti es, cincau, ketan hitam, dan bahan lainnya.

2. Es Nangka Selasih Banjar – Kalimantan Selatan
Seperti namanya, es ini terbuat dari buah Nangka sebagai bahan utama pembuatan es dan dilengkapi dengan biji selasih dan perasan jeruk asam. Dinamakan “Banjar” karena es ini merupakan minuman khas yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan. Rasanya yang manis dan asam membuat es ini menyegarkan dan cocok disantap saat udara panas.

3. Es Tebu – Samarinda, Kalimantan Timur
Samarinda merupakan daerah penghasil bahan, rempah, dan hasil bumi lain yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah tebu. Samarinda menghasilkan tebu dalam jumlah yang besar sehingga tebu mudah ditemukan di kota ini dan diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Es tebu merupakan salah satu olahan tebu yang diminati oleh masyarakat Kalimantan Timur. Selain untuk memelihara kesehatan, es ini juga dapat dinikmati untuk melepaskan dahaga.

4. Es Jagung – Pontianak
Minuman satu ini mungkin sudah cukup sering terdengar karena sudah menyebar ke beberapa daerah lain di Indonesia. Es ini dibuat dari jagung muda yang direbus sampai lunak. Jagung yang sudah direbus ini kemudian akan dipipil dan diberikan es, air, dan susu kental manis. Rasanya yang manis dan dingin membuat hidangan ini diminati oleh banyak masyarakat di Kalimantan. Ditambah lagi, harga yang ditawarkan untuk seporsi es ini cenderung murah.

5. Es Kopi Malinau – Malinau, Kalimantan Utara
Indonesia memang memiliki beberapa daerah penghasil kopi dengan rasa unik dan berbeda. Ternyata, di Malinau, Kalimantan Utara kita juga dapat menemukan kopi yang nikmat. Keunikan dari kopi ini adalah aroma, rasa, dan juga manfaatnya yang dipercaya dapat mencegah gigi berlubang. (P)

Share

REVIEW

ARTIKEL LAINNYA

Mie Lethek, Hidangan Unik dari Bantul

oleh Primarasa - 16 Sep 2020

Mie sehat asal Indonesia yang disukai oleh Barack Obama.

Bandung, Surganya Para Pecinta Kuliner

oleh Primarasa - 29 Aug 2020

Cicipi 5 kuliner khas Bandung yang menggiurkan.

Sate, Kuliner Asli Indonesia yang Go International

oleh Primarasa - 24 Aug 2020

Terinspirasi dari pedagang Timur Tengah yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia.

Camilan Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia

oleh Primarasa - 24 Aug 2020

8 camilan ringan khas daerah yang menggugah selera.

Serba-serbi Kuliner Indonesia yang Menggunakan Daun Pisang

oleh Primarasa - 18 Aug 2020

Beserta tips agar daun pisang tidak mudah robek.

Pengaruh Belanda dalam Kuliner Indonesia

oleh Primarasa - 10 Aug 2020

7 hidangan populer Indonesia yang terakulturasi dari Belanda.

VIDEO

Sup Bakso Rambutan ala Jeffry Tan

Fashion Designer Tanah Air, Jeffry Tan masak di dapur Primarasa.

Fun Red Velvet Eclairs with Dhita

Kue bernuansa merah putih untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke-75!

One Step Avocado Pesto with Margie

Bumbu dasar ala Itali dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya.