Artikel Boga

Mengenal Krakakoa, Cokelat Lokal yang Go International


Foto: Krakakoa

Kesukaan terhadap cokelat memang sudah melekat pada banyak orang, termasuk orang Indonesia. Rasanya yang unik dan khasiatnya yang baik untuk kesehatan merupakan beberapa keunggulan dari cokelat. Bahkan, beberapa sumber mengatakan bahwa cokelat dapat memperbaiki mood yang sedang kurang baik.  Ditambah lagi, pandemi covid-19 juga mewajibkan semua orang untuk menjaga kesehatan. Karenanya, mengonsumsi cokelat dapat dijadikan pilihan. Cokelat hitam mengandung sejuta manfaat, seperti kadar antioksidan yang tinggi dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Popularitas cokelat memang cukup tinggi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya merek cokelat yang beredar di pasar, karena tingginya permintaan akan cokelat. Pada hari Valentine di setiap tanggal 14 Februari, cokelat masih terus dijadikan sebagai hadiah untuk diberikan kepada orang-orang tersayang.

Kegemaran orang-orang Indonesia terhadap cokelat inilah yang akhirnya mendorong berbagai pengusaha di Indonesia untuk menciptakan produk lokal, seperti Krakakoa. Krakakoa merupakan perusahaan yang dibangun pada tahun 2013. Krakakoa menyadari bahwa Indonesia juga memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan produk cokelat dari pohon cokelat asli Indonesia. Misi dari perusahaan ini adalah untuk memperbaiki taraf hidup para petani kakao di Indonesia dan juga mengupayakan stabilnya budidaya kakao. Krakakoa percaya bahwa dengan mendukung dan memberdayakan para petani, maka Krakakoa dapat menghasilkan produk yang sempurna. Krakakoa merupakan perusahaan produsen cokelat yang berasal asli dari Lampung, Indonesia. Menurut perusahaan ini, bisnis lokal harus dibanggakan dan didukung kemajuannya.

Saat ini, Krakakoa sudah melakukan ekspansi ke beberapa negara diluar Indonesia, seperti Singapura, Korea, Jepang, dan berbagai negara di Eropa lainnya. Di Indonesia sendiri, cokelat ini dapat dengan mudah di supermarket. Krakakoa dalam menjalankan bisnisnya sudah mendapatkan beberapa penghargaan, seperti award pada tahun 2017 dan 2018 dari Academy of Chocolate, di London. Dalam memproduksi cokelat, Krakakoa tidak hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja, melainkan juga memperhatikan dampak yang mungkin ditimbulkan pada pihak di sekeliling perusahaan. Krakakoa memiliki prinsip dan konsep “Farmer to Bar”, dimana Krakakoa berkomitmen untuk bermitra dengan para petani di Indonesia, khususnya di Sumatera dan Sulawesi. Tidak hanya mengajak para petani cokelat untuk bermitra, Krakakoa juga memberikan pendidikan, bantuan material (alat-alat) dan berbagai kebutuhan lain mengenai cara menghasilkan biji cokelat yang terbaik. Berdirinya perusahaan ini membuktikan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa Indonesia memiliki hal yang patut untuk dibanggakan dan Indonesia mampu untuk membuat hasil negaranya menjadi terkenal secara global.

Saat ini, Krakakoa memiliki beberapa varian cokelat dengan kandungan cokelat yang berbeda-beda. Kandungan cokelat di setiap jenis cokelat pun berbeda, mulai dari 40-60%. Beberapa varian itu adalah Flavoured Bars, Single Origin Bars, Chocolate Bark, dan Gourmet Nibs. Untuk rasa dari cokelat ini sendiri pun dibagi menjadi beberapa jenis, mulai dari chilli dark chocolate, sea salt & pepper dark chocolate, cinnamon dark milk chocolate, ginger dark milk chocolate, dan creamy coffee.

Apakah Anda sudah mencicipi cokelat lokal asli Indonesia? Jika belum, mari kita bersama-sama mendukung kemajuan produk lokal di Indonesia dengan mengonsumsi produk-produk lokal. (P)
 

Share

REVIEW

ARTIKEL LAINNYA

Macam-macam Pastry, Enak di Setiap Lapisnya

oleh Primarasa - 22 Oct 2020

Tahukah Anda? Pastry berasal dari Bahasa Perancis “patisserie” yang berarti kue.

Mengenal Adriano Zumbo, Sang Willy Wonka dari Australia

oleh Primarasa - 15 Oct 2020

Popularitas chef Adriano Zumbo melesat setelah ia mengikuti Master Chef Australia.

Hidangan Penutup Khas Indonesia yang Menggugah Selera

oleh Primarasa - 13 Oct 2020

Ternyata Indonesia punya segudang "dessert" yang tak kalah enak dengan dessert internasional.

Tips dan Trik Menulis Resep

oleh Primarasa - 2 Oct 2020

Menulis resep adalah salah satu hal kecil yang dapat membantu orang lain.

Ini Dia, 4 Hal yang Bikin Ramen dan Ramyeon Beda!

oleh Primarasa - 29 Sep 2020

Satu dari Jepang, satu dari Korea, temukan perbedaan lainnya disini.

Cita Rasa Minuman Khas Kalimantan

oleh Primarasa - 16 Sep 2020

Minuman-minuman segar dari Kalimantan yang rasanya menggugah selera.

VIDEO

Blueberry Muffin with Margie

Membuka rahasia resep andalan yang sesuai dengan keinginannya.

One Pan Mackerel ala Tante Sayur

Rahasia Tante Sayur dalam mengolah ikan dan sayur dengan sedikit bumbu.

Honey Butter Chicken with Yoland Handoko

Ayam dengan saus madu ala Korea dengan bahan-bahan yang mudah didapat

Aglio Olio ala Nyonya Italia

Teknik memasak pasta yang paling dasar langsung bersama orang Itali

Sup Bakso Rambutan ala Jeffry Tan

Fashion Designer Tanah Air, Jeffry Tan masak di dapur Primarasa.

Fun Red Velvet Eclairs with Dhita

Kue bernuansa merah putih untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke-75!

One Step Avocado Pesto with Margie

Bumbu dasar ala Itali dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya.