Artikel & Tanya Jawab

Halloween, Tradisi Mengukir Labu dan Berbagi Permen


Foto: Rawpixel by Unsplash

Menjelang akhir bulan Oktober, warna oranye seperti warna labu kerap menghiasi pusat perbelanjaan sesuai tema Halloween. Aneka dekorasi berbentuk labu dan tengkorak pun dipilih untuk menyemarakkan suasana. Yap, labu dan permen kini identik dengan perayaan Halloween yang jatuh setiap tanggal 31 Oktober.

Tradisi labu untuk Halloween dimulai sejak pertengahan tahun 1800-an ketika imigran Irlandia dan Skotlandia tiba di Amerika Serikat. Berdasarkan situs History.com, Halloween mengikuti festival Samhain ala Irlandia, yaitu perayaan pergantian musim panas menuju musim dingin. Menurut kepercayaan pada waktu itu banyak jiwa-jiwa yang bersembunyi dalam kegelapan sehingga para penduduk mengukir labu berbentuk wajah dan memasang lilin di dalamnya untuk menjauhkan roh jahat dari rumah maupun lahan pertanian. Lentera ini dipajang di sepanjang jalan dan dekat gerbang untuk memandu orang yang bepergian sekaligus mengusir roh jahat.

Baca juga: 4 Fakta Labu, Enak dan Sehat!

Asal mula labu saat Halloween juga dikaitkan dengan cerita Jack-o’-lantern yang diambil dari mitos masyarakat Irlandia soal Stingy Jack seperti dilansir Brittanica.com. Kabarnya Jack menipu iblis untuk keuntungan dirinya sendiri. Ketika mati Jack tidak diterima di surga dan iblis juga menolaknya di neraka. Arwah Jack pun bergentayangan di bumi sebagai hukuman abadi. Masyarakat Irlandia kemudian mengukir labu dengan bentuk wajah menyeramkan untuk menakuti arwah Jack. Kebetulan labu banyak dipanen sekitar bulan September dan Oktober setiap tahunnya.

Sementara tradisi memberikan permen kepada anak-anak yang memakai kostum Halloween muncul pada tahun 1930-an. Dengan password ‘trick or treat’ saat mengetuk pintu rumah, sang pemilik rumah akan memberikan kue buatan sendiri, permen, atau cokelat agar tidak dikerjai. Sekitar tahun 1950-an perusahaan permen mulai melirik perayaan Halloween sebagai kesempatan untuk mempromosikan produknya—apalagi muncul kekhawatiran anak-anak diberikan sesuatu yang berbahaya bila barang tersebut tidak dalam kemasan tertutup. Hersey's, Mars, dan Kit Kat merupakan beberapa merek cokelat yang kerap dipilih sebagai 'permen' Halloween.


Foto: Instagram @brownpoodlecafe, piccolinyan, @epicrestaurantga, amandaurrutia
 
Demam labu dan permen hantu juga merambah ke kafe atau restoran. Mereka berlomba-lomba mengeluarkan hidangan khusus terbuat dari labu maupun dessert dengan berbagai bentuk yang menyeramkan untuk merayakan Halloween. Seru, ya? (P)

 

Share

ARTIKEL LAINNYA

7 Langkah Meredakan Sakit Karena Luka Bakar Saat Memasak

oleh Primarasa - 14 Nov 2018

Cepat dan tepat menghindari luka makin parah.

3 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Bawang Putih

oleh Primarasa - 5 Nov 2018

Supaya tidak ada “rasa bersalah” setelah mengonsumsinya.

5 Cara Menentukan Harga Jual Produk Kuliner Anda

oleh Primarasa - 4 Nov 2018

Pertimbangkan pula biaya produksi hingga patokan harga kompetitor.

REVIEW

VIDEO

Wedang Ronde

Hangatnya kuah jahe dapat dinikmati bersama ronde yang terbuat dari tepung ketan berisi kacang tanah atau wijen. Pas diseruput saat musim hujan.

Kopi Rarobang Maluku

Kopi dengan sensasi hangat jahe, aroma kayumanis, dan taburan kacang kenari.

Jus Tunaga Ambur

Pernah membayangkan daging ikan dijadikan jus? Ternyata enak juga, kok. Simak kreasi jus dari Finali ...

Ikan Bakar Sambal Colo Colo Pala Ambon

Resep khas Ambon karya Sintje Toumahauw, Juara II Lomba Masakan Ikan Nusantara 2018, yang membawanya ...

Jus Indonesia Merdeka

Kombinasi buah leci yang diblender ditambah potongan stroberi dan buah naga merah mampu melepas daha ...

Tumpeng Indonesia Raya

Warna merah-putih juga bisa diaplikasikan pada tumpeng untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI. Gunakan ...

Bakso Ikan

Bikin bakso ikan sendiri yuk! Caranya gampang kok, lihat videonya sampai habis ya!

Choco-Nut Smoothie Bowl

Smoothie cokelat yang satu ini terlalu lezat untuk dibagi!

Matcha Yoghurt Fruit Bowl

Perpaduan yoghurt yang asam segar dengan matcha dalam fruit bowl yang sehat.