Tips & Teknik Masak

5 Macam Daun yang Bisa Dijadikan Pembungkus Masakan


Foto: Pixabay

Zaman dahulu, ketika plastik belum ditemukan, orang-orang menggunakan daun sebagai pembungkus masakan mereka. Walaupun cara ini dikategorikan tradisional, namun hingga sekarang teknik memasak dengan dibungkus daun masih populer. Sebut saja pepes, lemper, nagasari, arem-arem, dan nasi bakar, makanan-makanan ini sering kita jumpai sampai sekarang. Makanan yang dibungkus dengan daun biasanya mengeluarkan aroma yang lebih lezat. Berikut 5 macam daun yang bisa digunakan sebagai pembungkus masakan:

1. Daun Pisang
Daun pisang menjadi daun yang paling sering digunakan dalam masakan. Tapi tidak semua jenis daun pisang bisa digunakan. Jenis daun pisang yang bisa digunakan adalah pisang raja, pisang batu, dan pisang kapok. Daun pisang tidak berpori sehingga masakan tidak merembes keluar. Selain itu, ukurannya yang besar juga memudahkan ketika membungkus masakan. Daun pisang tidak mudah robek namun tetap lentur ketika sudah dipanaskan.

2. Daun Jati
Daun jati mempunyai tingkat ketebalan yang cukup tebal sehingga dapat membuat masakan tetap panas dalam waktu yang lebih lama. Aroma masakan yang dibungkus daun jati pun lebih nikmat. Kuliner Indonesia yang identik dengan daun jati adalah nasi jamblang khas Cirebon. Nasi jamblang terdiri dari nasi dengan lauk seperti sambal goreng, telur dadar, tempe, daging, ayam, perkedel, dan lain sebagainya, lalu disajikan dengan dibungkus atau dialasi daun jati.

3. Daun Pepaya
Walaupun mempunyai rasa yang pahit, ternyata daun papaya bisa digunakan untuk membungkus daging sehingga lebih cepat empuk. Selain itu, salah satu kuliner Indonesia yang menggunakan daun pepaya sebagai pembungkus masakan adalah buntil. Buntil merupakan hidangan khas Jawa Tengah berupa kelapa parut yang dicampur dengan teri dan rempah-rempah, lalu dibungkus dengan daun papaya.

4. Daun Kelapa
Siapa yang tidak tahu ketupat? Makanan berupa beras yang dibungkus dalam anyaman daun kelapa ini sangat populer ketika lebaran tiba. Selain ketupat, daun kelapa juga digunakan untuk membuat clorot, kue tradisional khas Jawa berbahan tepung beras dan santan.

5. Daun Bambu
Daun bambu harus direbus terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini untuk menghilangkan kotoran dan melayukan bulu-bulu halus yang ada dipermukaan daun bambu. Daun bambu biasanya digunakan sebagai pembungkus bakcang, makanan khas Tiongkok berupa ketan berbentuk segitiga. (P)

Share

REVIEW

ARTIKEL LAINNYA

Infused Water, Segar dan Sehat Buatan Sendiri

oleh Primarasa - 10 Aug 2020

Air minum dengan segudang manfaat untuk tubuh

5 Bahan Pengganti Air Lemon

oleh Primarasa - 29 Jul 2020

Tidak perlu khawatir jika tidak ada lemon.

Tips Sukses Masak Nasi Goreng

oleh Primarasa - 22 Jul 2020

Cermati tips berikut untuk masak nasi goreng anti gagal.

3 Cara Sukses Kukus Dim Sum

oleh Primarasa - 21 Jul 2020

Cara tradisional mengukus menggunakan klakat.

Trik Seru Membuat Es Krim Rumahan

oleh Primarasa - 14 Jul 2020

No machine, no problem!

5 Kesalahan Umum Membuat Es Krim Rumahan

oleh Primarasa - 10 Jul 2020

Tips dan trik membuat es krim anti gagal.

VIDEO

Sup Bakso Rambutan ala Jeffry Tan

Fashion Designer Tanah Air, Jeffry Tan masak di dapur Primarasa.

Fun Red Velvet Eclairs with Dhita

Kue bernuansa merah putih untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke-75!

One Step Avocado Pesto with Margie

Bumbu dasar ala Itali dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya.