Acara & Liputan

Ngopi Sore Bersama Jokowi

Foto: AL

Bertepatan dengan hari kopi internasional yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, Primarasa menerima undangan ngopi sore bareng Presiden RI Joko Widodo di Istana Presiden Bogor. Meski harus melalui screening ketat untuk masuk ke wilayah istana, acara yang dijadwalkan berlangsung selama dua jam ternyata cukup santai dan hangat.

Sebelum acara dimulai, media dan undangan yang terdiri atas penggiat kopi menunggu dengan tertib di belakang serambi istana yang menghadap langsung ke Kebun Raya Bogor. Aroma kopi menyeruak dari dalam Ruangan Rapat karena beberapa brand kopi lokal ikut hadir dan memajang produknya, di antaranya kopi Lintong dari Sumatra, kopi Pinogu dari Gorontalo, Sulawesi Utara, serta kopi Malabar dari Jawa Barat.

Presiden Jokowi pun meminta secangkir kopi sesaat setelah tiba di venue acara. Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan bahwa kualitas kopi Indonesia tidak kalah dari brand kopi internasional sehingga sudah sepatutnya melirik peluang ekspor ke luar negeri. Apalagi Indonesia termasuk negara penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia, setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia.

“Kopi dulu hanya disukai orang tua, tapi sekarang sudah jadi gaya hidup anak muda. Mereka ngopi sambal menenteng laptop dan smartphone di kafe. Saya rasa kopi kita nggak kalah dari brand internasional. Seharusnya sudah punya peluang di dunia internasional. Saya juga mendorong anak saya agar jangan hanya jualan martabak di sini-sini saja,” ungkap Jokowi.

Jokowi melihat kopi sebagai salah satu komoditas yang punya nilai tambah sehingga harus mendapat perhatian lebih. Setelah mendengar tantangan serta keinginan dari para petani, pengusaha, serta komunitas kopi, sore itu juga Jokowi menawarkan beasiswa untuk ‘meremajakan’ kopi lokal.

“Dengan 1.160.000 hektar perkebunan kopi di Indonesia tentunya butuh SDM. Saya akan mencarikan beasiswa untuk 10 orang yang berkaitan dengan kopi, itu bisa menjadi barista atau untuk mempelajari mesin pembuat kopi,” tegasnya.

Acara ramah-tamah kemudian diakhiri oleh foto bersama Presiden di tangga depan Istana Presiden Bogor. Hmm, buat Primarasa tidak ada ngopi yang lebih nikmat dibanding hari ini. Kapan lagi menyeruput kopi Lintong sambil menikmati suasana kota Bogor selepas hujan sore? (P)

 

Gallery

Share

ARTIKEL LAINNYA

Makan Buah Itu Sehat!

oleh Primarasa - 25 Sep 2017

Simak tips dari Chef Naldi Budhyarto soal mengolah buah buat anak-anak.

Talkshow Inspirasi Bisnis Boga Bersama Dharma Wanita Persatuan Pusat

oleh Primarasa - 8 Sep 2017

Memulai bisnis boga memang ada tantangannya. Melalui talkshow ini peserta mendapat inspirasi untuk memulainya.

Perjalanan Finalis Lomba Masak Ikan Nusantara di Jakarta

oleh Primarasa - 22 Aug 2017

Selama seminggu para finalis Lomba Masak Ikan Nusantara berada di Jakarta. Apa saja kegiatan mereka selain masak di Istana?

Inilah Juara Lomba Masak Ikan Nusantara 2017

oleh Primarasa - 12 Aug 2017

Setelah melalui audisi 5 kota, penjurian menentukan 10 finalis, dan grand final d Taste of Indonesia, akhirnya terpilih 3 juara Lomba Masak Ikan Nusantara 2017.

REVIEW

VIDEO

Arsik Ikan Mas

Masakan ikan mas khas Batak ini sangat populer. Teknik memasak yang lama membuat daging ikan padat, ...

Bistik Belanda

Tak seorang pun akan protes, jika Anda membuat bistik asal Belanda ini. Apalagi dengan tambahan sajian saus krim yang gurih.

Tum Jeroan Ayam

Salah satu ciri kuliner Bali adalah ‘berani bumbu’, seperti pada masakan ini. Jeroan yang biasan ...

Babat Gongso

Sajian babat ini sangat menggugah selera, perpaduan bumbu Jawa dan Cina yang populer di Semarang. Tu ...

Pepes Ikan Bumbu Kuning

Resep pepes ikan bumbu kuning yang mudah, gunakan berbagai jenis macam ikan atau seafood lainnya yang anda suka.

Musaman Duck Curry

Kari bebek asal Thailand yang lezat penuh dengan penggunaan rempah-rempah yang beraroma, kurangi sed ...

Bebek Bungkus Daun Mengkudu

Pepes bebek ala Manado ini unik. Bebek dipotong-potong, dicampur bumbu woku, dibungkus daun mengkudu ...

Tips & Teknik : Mengolah Ikan

Ikan salah satu bahan masakan yang mudah ditemukan di sekeliling kita dan gampang diolah. Tonton vid ...

Pempek Ikan Tenggiri

Dari semua jenis pempek, inilah jenis yang paling popular. Kini Anda bisa membuatnya sendiri bahkan ...