Artikel Boga

Bandung, Surganya Para Pecinta Kuliner


Photo: iStock
 
Sudah merupakan rahasia umum bahwa Indonesia memiliki sangat banyak kota-kota yang kaya akan kuliner khas. Setiap kota di Indonesia pasti memiliki makanan khasnya masing-masing yang unik dan kaya rasa. Salah satu kota yang sering dijuluki surganya para pecinta kuliner di Indonesia adalah kota Bandung, Jawa Barat. Kota Bandung merupakan ibu kota provinsi Jawa barat dan menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. Bandung seringkali disebut-sebut sebagai Paris van Java, yang artinya adalah Paris-nya provinsi Jawa karena keindahan alamnya.

Menjadi saksi dari banyaknya peristiwa bersejarah di Indonesia, Bandung memiliki banyak kekayaan budaya yang harus dilestarikan. Salah satunya adalah kulinernya. Kuliner di kota Bandung sangatlah beragam dan nikmat, serta memiliki harga yang terjangkau. Karena inilah Bandung sering disebut dengan surganya para pecinta kuliner. Terlebih lagi, lokasi Bandung yang tidak begitu jauh dari kota Jakarta menjadikannya semakin mudah diakses dan dikunjungi oleh banyak wisatawan pada saat akhir pekan.

Kuliner pertama yang paling dikenal dan disukai banyak wisatawan adalah Batagor. Batagor adalah singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Seperti namanya, cara mengolahnya adalah dengan memasukkan bakso ke dalam tahu dan menggorengnya. Batagor biasanya dinikmati dengan saus kacang. Batagor sudah dijual di hampir semua kota di Indonesia. Akan tetapi, Anda hanya bisa menikmati rasa Batagor yang autentik dan unik di Bandung, yang merupakan kota asal kuliner ini.

Resep Batagor

Kuliner berikutnya yang harus Anda cicipi saat berkunjung ke Bandung adalah bandrek dan bajigur. Keduanya merupakan minuman tradisional khas Sunda, Jawa Barat. Bandrek merupakan minuman yang dapat menghangatkan tubuh karena terbuat dari jahe, gula mera, dan kelapa muda. Bandrek sangat cocok dinikmati di Bandung mengingat suhu udara yang dingin di kota ini. Berbeda dengan bandrek, bajigur adalah minuman khas Bandung yang terbuat dari gula aren dan santan, kemudian diberikan kolang kaling. Yang membuatnya unik adalah rasa gurih yang ditawarkan, yang berasal dari santan. Batagor dan bandrek sangat cocok untuk dinikmati bersamaan dengan kacang rebus, pisang rebus, gorengan, dan rebus-rebusan lainnya.

Resep Bajigur

Kuliner ke-4 yang seringkali dicari oleh para pecinta kuliner yang berkunjung ke Bandung adalah pisang bolen. Pisang bolen sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bandung. Kuliner ini merupakan olahan pisang, apel, tape, durian, yang disajikan dengan berbalut kulit yang memiliki rasa mirip dengan pastry. Rasa gurih kulit dan manis pisang membuat rasanya unik dan digemari banyak orang. Biasanya, kuliner ini juga dipadukan dengan topping-topping lain seperti cokelat dan keju. Pisang bolen juga memiliki tekstur yang unik. Kuliner ini sangat cocok untuk dijadikan kudapan bagi para pecinta kuliner.

Kuliner selanjutnya adalah soto Bandung. Kuliner berbahan dasar daging sapi ini banyak digemari oleh wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung. Soto Bandung memiliki rasa yang mirip-mirip dengan soto lainnya. Yang menjadi kekhasan soto Bandung adalah adanya lobak, tomat dan kedelai goreng di setiap porsinya.  Soto Bandung sangat cocok disantap di Bandung saat baru matang/masih hangat. Biasanya, soto ini disantap dengan nasi dan kerupuk. Harganya yang cenderung terjangkau membuat kuliner ini semakin diminati oleh para wisatawan. Untuk menikmati satu porsi soto Bandung, uang yang diperlukan mulai dari 20 ribuan saja.

Resep Soto Bandung

Tidak hanya nikmat, kuliner-kuliner di Bandung memiliki harga yang terjangkau, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan uang yang begitu banyak untuk mencicipi berbagai kuliner khas Kota Kembang ini. (P)

Share

REVIEW

ARTIKEL LAINNYA

Cita Rasa Minuman Khas Kalimantan

oleh Primarasa - 16 Sep 2020

Minuman-minuman segar dari Kalimantan yang rasanya menggugah selera.

Mie Lethek, Hidangan Unik dari Bantul

oleh Primarasa - 16 Sep 2020

Mie sehat asal Indonesia yang disukai oleh Barack Obama.

Sate, Kuliner Asli Indonesia yang Go International

oleh Primarasa - 24 Aug 2020

Terinspirasi dari pedagang Timur Tengah yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia.

Camilan Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia

oleh Primarasa - 24 Aug 2020

8 camilan ringan khas daerah yang menggugah selera.

Serba-serbi Kuliner Indonesia yang Menggunakan Daun Pisang

oleh Primarasa - 18 Aug 2020

Beserta tips agar daun pisang tidak mudah robek.

Pengaruh Belanda dalam Kuliner Indonesia

oleh Primarasa - 10 Aug 2020

7 hidangan populer Indonesia yang terakulturasi dari Belanda.

VIDEO

Sup Bakso Rambutan ala Jeffry Tan

Fashion Designer Tanah Air, Jeffry Tan masak di dapur Primarasa.

Fun Red Velvet Eclairs with Dhita

Kue bernuansa merah putih untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke-75!

One Step Avocado Pesto with Margie

Bumbu dasar ala Itali dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya.