Artikel & Tanya Jawab

6 Kuliner Khas Rusia Wajib Coba


Foto: Unsplash/Sergei Maslennikov

Demam Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia juga membuat banyak orang tertarik mengenal kebudayaan lokalnya. Termasuk kuliner khas Rusia yang unik. Tampilannya hampir selalu terlihat padat dengan porsi besar, menggunakan saus yang kental dengan cita rasa asin dari keju, sementara dessert-nya sangat legit. Berikut enam kuliner khas Rusia wajib coba:

1/ Beef Stroganoff
Biasa pula ditulis Beef Stroganov salah satu hidangan populer a la Rusia. Terdiri atas tumis daging sapi dengan siraman saus krim yang sering disajikan bersama nasi putih atau pasta. Tinggal disesuaikan dengan selera saja.

2/ Home-made Pai dan Pancake
Blini atau pancake tipis mulai dikenal di Rusia pada abad ke-11. Meski bahannya sederhana, yaitu terbuat dari susu, telur, dan garam, dibutuhkan skill yang mumpuni untuk membuatnya. Kabarnya semakin tipis pancake yang dihasilkan, maka pembuatnya memiliki skill tinggi. Pilihan 'topping' di antaranya krim, mentega, madu, daging, ikan, sayuran, buah-buahan, hingga kaviar.

Pai khas Rusia disebut pirozhki berupa roti kecil dengan isian daging, telur, bawang, kubis, kentang, maupun jamur. Ada pula pai manis dengan isian buah seperti apel, ceri, aprikot, atau selai buah. Rotinya padat dan agak keras yang mirip dengan pinggiran pizza dari Italia.

3/ Sup Shchi
Sup ini terlihat sederhana, tapi rasanya sangat kompleks. Shchi termasuk hidangan sehari-hari Rusia yang diwariskan sejak berabad-abad lamanya. Isiannya adalah kubis segar atau sayuran hijau lainnya. Jika menggunakan sauerkraut (kubis parut) disebut kislye shchi, sementara jika memakai sayuran hijau, seperti bayam atau disebut zelyoniye shchi. Sup ini disantap bersama rye bread atau roti berserat tinggi yang terbuat dari tepung rye (sejenis tanaman serealia mirip gandum).

4/ Kvass
Inilah salah satu minuman yang menyegarkan dan wajib disajikan saat dingin. Di akhir abad ke-19, kvass dibuat sebagai minuman beralkohol rendah menggunakan rye malt dengan tambahan herbal, buah beri, dan jus buah segar yang dikonsumsi oleh petani hingga tsar. Sekarang kvass diambil dari fermentasi roti (bisa gandum hitam atau putih) dan buah-buahan.

5/ Morozhenoe
Es krim khas Rusia ini punya tekstur yang cremy dan super-lembut. Terbuat dari krim dan susu murni, morozhenoe dijual sepanjang musim di Rusia--yap, termasuk musim dingin! Rasa yang ditawarkan cokelat, vanila, atau stroberi. Produsen es krim terbesar di Rusia adalah Petrohold dan 48 Kopeek yang menjual banyak varian es krim.

6/ Pickles
Acar khas Rusia bukan hanya terbuat dari mentimun. Ternyata variasinya bisa menggunakan jamur, bawang, daging, ikan, dan masih banyak lagi. Acar salah satu cara untuk mengawetkan sayuran agar bisa tetap dikonsumsi sepanjang musim dingin. Acar dapat menjadi pelengkap untuk sup, atau justru sebagai  'camilan' yang mendampingi minuman beralkohol seperti vodka. (P)

Sumber: Study in Russia, Advantour, 56th Parallel, Insider Corinthia

Coba juga:
Resep Russian Salad
Resep Pancake Daging Asap
 

Gallery

Share

ARTIKEL LAINNYA

7 Langkah Meredakan Sakit Karena Luka Bakar Saat Memasak

oleh Primarasa - 14 Nov 2018

Cepat dan tepat menghindari luka makin parah.

3 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Bawang Putih

oleh Primarasa - 5 Nov 2018

Supaya tidak ada “rasa bersalah” setelah mengonsumsinya.

5 Cara Menentukan Harga Jual Produk Kuliner Anda

oleh Primarasa - 4 Nov 2018

Pertimbangkan pula biaya produksi hingga patokan harga kompetitor.

Halloween, Tradisi Mengukir Labu dan Berbagi Permen

oleh Primarasa - 30 Oct 2018

Ternyata bermula dari kepercayaan masyarakat Irlandia.

REVIEW

VIDEO

Wedang Ronde

Hangatnya kuah jahe dapat dinikmati bersama ronde yang terbuat dari tepung ketan berisi kacang tanah atau wijen. Pas diseruput saat musim hujan.

Kopi Rarobang Maluku

Kopi dengan sensasi hangat jahe, aroma kayumanis, dan taburan kacang kenari.

Jus Tunaga Ambur

Pernah membayangkan daging ikan dijadikan jus? Ternyata enak juga, kok. Simak kreasi jus dari Finali ...

Ikan Bakar Sambal Colo Colo Pala Ambon

Resep khas Ambon karya Sintje Toumahauw, Juara II Lomba Masakan Ikan Nusantara 2018, yang membawanya ...

Jus Indonesia Merdeka

Kombinasi buah leci yang diblender ditambah potongan stroberi dan buah naga merah mampu melepas daha ...

Tumpeng Indonesia Raya

Warna merah-putih juga bisa diaplikasikan pada tumpeng untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI. Gunakan ...

Bakso Ikan

Bikin bakso ikan sendiri yuk! Caranya gampang kok, lihat videonya sampai habis ya!

Choco-Nut Smoothie Bowl

Smoothie cokelat yang satu ini terlalu lezat untuk dibagi!

Matcha Yoghurt Fruit Bowl

Perpaduan yoghurt yang asam segar dengan matcha dalam fruit bowl yang sehat.