Tips & Teknik Masak

8 Tips Mengukus Bahan Makanan Agar Optimal

Foto: Pixabay/Republica
 
 
Setidaknya ada 8 (delapan) hal yang harus diperhatikan dalam mengukus agar hasilnya lebih optimal. Kadang-kadang diperlukan teknik khusus untuk mengukus bahan makanan tertentu. Berikut 8 tips mengukus sederhana yang bisa Anda praktikkan:
 
1/ Pastikan air dalam panci pengukus sudah mendidih sebelum makanan dimasukkan, agar makanan langsung mendapat panas yang maksimal begitu dimasukkan ke dalam pengukus. Bila air dalam panci pengukus belum mendidih, hasil makanan yang dikukus tidak akan sempurna. Misalnya sayuran menjadi pudar warnanya, udang/ikan menjadi liat karena selama proses ‘menunggu’ air mendidih, bahan makanan telah terkena uap panas terlebih dahulu.

2/  Isi panci pengukus dengan air tidak melebihi garis batas pada panci. Batas garis ini merupakan tempat saringan diletakkan. Beri jarak 2,5 cm di bawah garis batas agar saat air bergolak tidak menyentuh makanan yang ada di atas saringan. 

3/ Meskipun makanan yang dikukus cepat matang, sebaiknya tetap isi air hingga 2,5 cm di bawah garis batas, karena air tersebut berfungsi untuk menghasilkan panas yang stabil dan mencapai suhu maksimal. Bila makanan membutuhkan waktu mengukus yang lama, sebaiknya periksa kecukupan air dalam panci. Bila air tinggal sedikit sementara masakan belum matang, tambahkan air mendidih ke dalam panci pengukus. Jangan menambahkan air dingin karena suhu akan turun secara drastis yang bisa memengaruhi makanan yang dikukus.

4/ Usahakan agar makanan yang dikukus memiliki ukuran potongan, bentuk, atau bungkusan sama besar agar bisa matang bersamaan.

Baca juga: Mengukus Makanan

5/ Beri jarak masing-masing makanan (tidak saling berdesakan) agar terbuka jalan bagi uap panas naik ke atas sehingga bisa mematangkan makanan dengan lebih efisien.

6/ Tutup panci pengukus dengan rapat agar uap panas tetap berada di dalam. Bila uap panas keluar melalui celah tutup panci, panas di dalam panci pengukus tidak akan maksimal sehingga bisa menambah lama waktu mengukus.

7/ Bila mengukus makanan yang dibungkus daun, setelah bungkusan dimasukkan ke dalam panci pengukus tunggu hingga air mendidih kembali (minimal sudah banyak uap panas yang naik) baru tutup panci dengan rapat. Bila langsung ditutup, saat matang nanti akan terlihat bercak-bercak putih menempel pada daun pembungkus yang mengganggu penampilan makanan. 

8/ Setelah makanan matang dan api dimatikan, jangan langsung membuka tutup panci, karena uap panas bisa membahayakan kulit tangan atau wajah. Biarkan selama 5 menit agar uap panas turun ke dasar panci. (P)

Coba juga:
Resep Bolu Kukus
Resep Steamed Chocolate Pudding
 

Share

REVIEW

ARTIKEL LAINNYA

5 Macam Daun yang Bisa Dijadikan Pembungkus Masakan

oleh Primarasa - 19 Aug 2020

Masakan yang dibungkus dengan daun menghasilkan aroma dan cita rasa lebih lezat.

Infused Water, Segar dan Sehat Buatan Sendiri

oleh Primarasa - 10 Aug 2020

Air minum dengan segudang manfaat untuk tubuh

5 Bahan Pengganti Air Lemon

oleh Primarasa - 29 Jul 2020

Tidak perlu khawatir jika tidak ada lemon.

Tips Sukses Masak Nasi Goreng

oleh Primarasa - 22 Jul 2020

Cermati tips berikut untuk masak nasi goreng anti gagal.

3 Cara Sukses Kukus Dim Sum

oleh Primarasa - 21 Jul 2020

Cara tradisional mengukus menggunakan klakat.

Trik Seru Membuat Es Krim Rumahan

oleh Primarasa - 14 Jul 2020

No machine, no problem!

VIDEO

Honey Butter Chicken with Yoland Handoko

Ayam dengan saus madu ala Korea dengan bahan-bahan yang mudah didapat

Aglio Olio ala Nyonya Italia

Teknik memasak pasta yang paling dasar langsung bersama orang Itali

Sup Bakso Rambutan ala Jeffry Tan

Fashion Designer Tanah Air, Jeffry Tan masak di dapur Primarasa.

Fun Red Velvet Eclairs with Dhita

Kue bernuansa merah putih untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke-75!

One Step Avocado Pesto with Margie

Bumbu dasar ala Itali dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya.