Acara & Liputan

4 Cara Jitu untuk Kurus


Foto: Shinta Meliza; Teks: Reynette Fausto

Ingin tampil kurus membuat banyak orang rela mati-matian diet. Padahal, jika tidak dilakukan secara tepat, bukan saja tidak efektif tetapi juga bisa mengganggu kesehatan tubuh. Nah, solusinya bisa didapatkan dalam sesi The Rise of Healthy Food in Jakarta (29/8) di Jakarta Eat Festival 2018 persembahan dari domestic appliances Modena, salah satu perbincangan seru mengenai gaya hidup sehat dikupas tuntas di atas panggung di area Gandaria City. Acara ini dipandu oleh Firmansyah Mastup dari Jakarta Vegan Guide.

“Banyak orang di Jakarta yang miskonsepsi, mereka menganggap jika menjadi vegan, maka bisa jadi lebih kurus. Lebih banyak orang terpacu untuk makan sehat karena ingin memiliki penampilan yang lebih baik, bukan karena ingin lebih sehat,” sentil Michelle Santoso dari healthy catering Forking Clean. 
 
Fyi, berat badan tubuh itu lebih banyak ditentukan oleh asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. “Yang benar, jika ingin kurus, maka harus stick to your calorie budget yang telah dikurangi 20%,” kata Michelle. Cara menghitung bujet kalori kita yaitu, Body Weights (pounds) x 13-17. Artinya, jika seseorang memiliki hasil perhitungan bujet kalori sebesar 1.500 kkal, maka sebaiknya ia tidak makan melebihi perhitungan tersebut, jika tidak ingin berat badannya bertambah.

“Jika ingin menurunkan berat badan, maka triknya kurangilah sebesar 20% dari batas perhitungan kkal yang dikonsumsi. Bila secara konsisten diterapkan, maka pelan-pelan tubuh akan melepaskan lemaknya sehingga menjadi lebih langsing. Bisa turun sampai setengah kilo per minggu,” tambah Michelle.  

Antusiasme penonton pun terlihat dari aneka pertanyaan yang diajukan sambil mengisi perutnya dengan suguhan sehat buah pisang dari Halofresh dan air mineral dari Crystalline.

Jika tak ingin repot dengan pengaturan makanan sehat, Anda bisa mencoba restoran Fedwell yang kini sedang hits di bilangan Senopati atau katering sehat Berrywell.  “Kami memerhatikan bagaimana metode memasak dan juga bahan makanan yang sehat. Setiap orang punya balanced diet masing-masing sesuai kebutuhan tubuhnya. Jika ingin diet bukan berarti tidak makan, tapi makanlah makanan yang sehat dengan cara mengolah yang tepat,” kata Kareyca Moeloek, pendiri Fedwell & Berrywell.

Selain katering sehat, ada juga sekolah memasak dari Modena Indonesia untuk merespons kebutuhan masyarakat urban saat ini. Culinaria Cooking Class bekerja sama dengan para chef profesional sebagai pengajar, dan juga institusi ternama seperti ACP (Association of Culinary Professionals) Indonesia. Dalam kelasnya diajarkan cara memasak menggunakan bahan-bahan yang sehat serta bagaimana menjaga standar kebersihan.

“Biasanya sehabis selesai masak orang lupa atau menunda membersihkan peralatan masak, padahal ini penting untuk menghindari zat karsinogen yang tertinggal di peralatan masak,” jelas Robert Widjaja, Direktur Modena Indonesia.

Nah, tak kalah penting protokol keamanan menggunakan peralatan masak. Modena sendiri memiliki kompor yang terjamin keamanannya. Jika umumnya kompor biasanya terkena air, misalnya, api akan padam tetapi gasnya tetap keluar, sedangkan kompor Modena secara otomatis klep gasnya tertutup. (P)


Baca juga:
Dinamika Kuliner Indonesia di Mata Chef Fernando Sindu dan Chef Degan Septoadji
5 Diet Seleb Pantang Dilakukan

Share

ARTIKEL LAINNYA

Berbagi Tips Dekorasi Gravity Defying Cake Ala Chef Handi Mulyana

oleh Primarasa - 14 Sep 2018

Sisca Soewitomo ikut membagikan rahasia sukses memasaknya.

Memasak Melatih Motorik Anak

oleh Primarasa - 12 Sep 2018

Lewat acara Cooking dan Baking Class di Jakarta Eat Festival 2018

Eating Clean, Solusi Sehat ala Inge Tumiwa, di Jakarta Eat Festival 2018

oleh - 2 Sep 2018

Menikmati hidup dengan cara lebih sehat dan bersih.

Cerita Dian Sastrowardoyo Tentang Lorjuk di Jakarta Eat Festival 2018

oleh - 2 Sep 2018

Dian menikmati masa syuting film Aruna dan Lidahnya.

Belajar Menulis Makanan yang Menggugah di Jakarta Eat Festival 2018

oleh Primarasa - 2 Sep 2018

Food writer salah satu profesi yang makin hits.

Pentingnya Branding untuk Kuliner Lokal Indonesia

oleh Primarasa - 2 Sep 2018

Reputasi yang harus dibangun untuk mendekati konsumen.

REVIEW

VIDEO

Wedang Ronde

Hangatnya kuah jahe dapat dinikmati bersama ronde yang terbuat dari tepung ketan berisi kacang tanah atau wijen. Pas diseruput saat musim hujan.

Kopi Rarobang Maluku

Kopi dengan sensasi hangat jahe, aroma kayumanis, dan taburan kacang kenari.

Jus Tunaga Ambur

Pernah membayangkan daging ikan dijadikan jus? Ternyata enak juga, kok. Simak kreasi jus dari Finali ...

Ikan Bakar Sambal Colo Colo Pala Ambon

Resep khas Ambon karya Sintje Toumahauw, Juara II Lomba Masakan Ikan Nusantara 2018, yang membawanya ...

Jus Indonesia Merdeka

Kombinasi buah leci yang diblender ditambah potongan stroberi dan buah naga merah mampu melepas daha ...

Tumpeng Indonesia Raya

Warna merah-putih juga bisa diaplikasikan pada tumpeng untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI. Gunakan ...

Bakso Ikan

Bikin bakso ikan sendiri yuk! Caranya gampang kok, lihat videonya sampai habis ya!

Choco-Nut Smoothie Bowl

Smoothie cokelat yang satu ini terlalu lezat untuk dibagi!

Matcha Yoghurt Fruit Bowl

Perpaduan yoghurt yang asam segar dengan matcha dalam fruit bowl yang sehat.