Gizi

Isi Piringku, Kombinasi Sempurna untuk Memenuhi Kebutuhan Asupan


Foto: Pixabay/Pexels


Talk show “Isi Piringku” persembahan dari Kementerian Kesehatan selalu hadir sebagai rangkaian dalam audisi Lomba Masak Ikan Nusantara 2018 di setiap daerah. Seperti di Ambon (06/08), Kaharuddin Umarella (Rudy), S.KM, Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan Masyarakat dari Dinkes Kota Ambon, ikut berbagi tips sehat buat pengunjung mal Ambon City Center (ACC).

“Dalam satu kali makan, piring harus berisi makanan pokok berupa karbohidrat dalam porsi sepertiga dari ukuran piring, sepertiga sayuran, dan sisanya dibagi dua antara lauk pauk dan buah-buahan,” ujar Rudy.

Untuk menu makan siang sebaiknya mengandung sekitar 700kalori yang terpakai untuk beraktivitas. Contohnya terdiri atas tiga centong nasi/dua buah kentang/mi kering sebanyak 1,5 gelas yang diperkirakan berjumlah 150gr. Selanjutnya untuk lauk, kita bisa mengonsumsi lauk hewani misalnya ikan kembung/daging ayam/daging sapi/telur ayam sebanyak 75gr yang dipadukan dengan 100gr lauk nabati berupa tahu atau tempe. Tambahkan 150gr sayuran dalam satu mangkuk berukuran sedang, serta 150gr buah seperti dua potong pepaya berukuran sedang/dua buah jeruk/satu pisang ambon ukuran kecil.

Sayuran yang dimaksud bisa apa saja, asalkan dicuci bersih menggunakan air mengalir. “Sayur ada yang perlu dimasak dan ada pula yang bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah. Namun, semua jenis sayuran harus dicuci terlebih dahulu sebelum dikonsumsi menggunakan air mengalir supaya terbebas dari bahan kimiawi, misalnya obat pestisida. Setelah itu baru diolah untuk dikonsumsi.”

“Tidak cukup hanya menerapkan komposisi tepat dalam sepiring makanan saja, kita juga harus mengimbanginya dengan aktivitas tepat. Jangan lupa sehari minum delapan gelas air matang berukuran 200-250cc, cuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, dan rutin beraktivitas fisik setidaknya 30 menit per hari. Apabila banyak bergerak tentunya membutuhkan asupan maupun cairan lebih banyak agar tubuh tetap fit,” demikian anjuran Rudy.

Yuk, diterapkan! (P)

Baca juga: 3 Alasan Tempe Lebih Sehat Dibanding Daging Merah

Share

ARTIKEL LAINNYA

4 Kandungan Gizi pada Belut

oleh Primarasa - 26 Jul 2018

Ternyata bagus untuk otak dan kulit.

5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh

oleh Primarasa - 24 Jul 2018

Dari tulang sehat hingga jaga berat badan.

8 Makanan yang Bikin Bahagia

oleh Primarasa - 20 Jul 2018

Cocok buat mood booster setiap saat.

3 Alasan Kedelai dan Tempe Lebih Sehat Dibandingkan Daging Merah

oleh Primarasa - 5 Jul 2018

Kandungan proteinnya ternyata yang paling tinggi.

3 Manfaat Telur Bagi Kesehatan

oleh Primarasa - 22 Jun 2018

Berapa banyak idealnya kita mengonsumsi telur dalam satu hari?

5 Trik Berpuasa Tanpa Lemas

oleh Primarasa - 31 May 2018

Simak saran dan tips dari Dr. Susianto Tseng

REVIEW

VIDEO

Jus Indonesia Merdeka

Kombinasi buah leci yang diblender ditambah potongan stroberi dan buah naga merah mampu melepas daha ...

Tumpeng Indonesia Raya

Warna merah-putih juga bisa diaplikasikan pada tumpeng untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI. Gunakan ...

Bakso Ikan

Bikin bakso ikan sendiri yuk! Caranya gampang kok, lihat videonya sampai habis ya!

Choco-Nut Smoothie Bowl

Smoothie cokelat yang satu ini terlalu lezat untuk dibagi!

Matcha Yoghurt Fruit Bowl

Perpaduan yoghurt yang asam segar dengan matcha dalam fruit bowl yang sehat.

Fancy Nastar

Yuk bikin nastar aneka bentuk yang unik dan lucu!

Bubur Saren

Bubur unik berwarna hitam ini bercita rasa gurih dan legit. Penasaran? Yuk coba resepnya!

Bubur Biji Salak Ungu

Bubur manis berpenampilan cantik ini sangat pas disajikan saat berkumpul bersama keluarga & sahabat.

Roti Jala Kari Kambing

Roti jala lembut dan gurih makin lezat disantap bersama Kari kambing berempah yang kaya rasa