Gizi

Kurma, Si Legit Bernutrisi Tinggi


photo: pixabay

Di bulan Ramadan lazimnya orang akan beramai-ramai menyediakan kurma di rumah untuk disantap saat berbuka. Kurma yang legit ini memang cocok dinikmati sebagai takjil saat berbuka, selain karena alasan religi juga karena kandungan nutrisinya yang baik untuk mengembalikan energi setelah berpuasa seharian.

Secara umum, kurma mengandung karbohidrat sederhana (terutama sukrosa dan fruktosa). Nutrisi lain yang terkandung di dalam kurma di antaranya adalah serat, protein, juga kalsium, zat besi, vitamin K, folat, juga antioksidan (karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin).
Karena kaya serat, kurma juga baik bagi yang sedang berdiet, lho…! Itu sebabnya, untuk sebagian makanan diet, pemanis yang digunakan berasal dari kurma. Karena seratnya itu juga, kurma juga baik untuk menjaga fungsi pencernaan, menjaga kesehatan tulang, menjaga fungsi otak dan juga daya tahan tubuh.

Kurma juga baik untuk mengendalikan kadar gula darah, sehingga disebut-sebut baik untuk mencegah risiko diabetes. Hal ini disebabkan serat tak larut di dalam kurma dicerna lebih lambat, sehingga membantu tubuh lebih baik mengontrol kadar gula darah. Indeks Glikemik di dalam kurma juga tergolong rendah, sehingga tak mudah menaikkan kadar gula darah secara drastic, sebagaimana makanan manis lainnya.

Penyajian kurma pun saat ini semakin beragam; ada yang diisi dengan kacang, potongan keju, juga dibalut dengan cokelat, agar lebih enak. Tentunya bagi yang harus menjaga berat badan ataupun yang harus mengurangi asupan gula, olahan kurma semacam ini harus dibatasi, ya…!

Apa saja jenis kurma yang lazim kita temui di pasaran?

1. Medjool Dates: banyak disukai karena rasa legitnya yang mirip karamel serta teksturnya yang lembut. Medjool banyak dimanfaatkan untuk kue-kue vegan, juga disantap langsung.

2. Sukkari Dates: Anda yang kurang suka jenis kurma yang keras, tentu akan menikmati kurma Sukkari ini. Kurma ini adalah jenis kurma terlembut, yang saat disantap seperti meleleh di dalam mulut. Banyak juga orang menyebut kurma ini sebagai “Royal Dates”.

3. Ajwa Dates: Ini jenis kurma yang disebut sebagai “Kurma Nabi”, karena konon menjadi favorit Sang Nabi. Kurma Ajwa yang warnanya cenderung gelapini kaya rasa dengan tekstur yang agak kenyal, tetapi cukup lembut di mulut.

4. Deglet Nour Dates: Kurma ini disebut juga “Ratunya Kurma”, dengan rasa yang manis dan teksturnya kenyal. Warnanya cokelat muda, biasanya dikemas masih dalam tangkainya. Kurma jenis ini juga sering diolah dalam makanan, karena memberi tekstur tersendiri, selain rasanya yang enak. Kurma ini termasuk yang paling banyak didistribusikan ke seluruh dunia.

 
 
Yang mana kurma favorit Anda? (P)
 

Share

REVIEW

ARTIKEL LAINNYA

Infused Water, Segar dan Sehat Buatan Sendiri

oleh Primarasa - 10 Aug 2020

Air minum dengan segudang manfaat untuk tubuh

Nangka, Buah Tropis Bernutrisi Tinggi Pengganti Daging

oleh Primarasa - 9 Nov 2018

Olahannya memiliki tekstur mirip dengan daging ayam.

Bayam, Superfood Penajam Daya Ingat

oleh Primarasa - 31 Oct 2018

Bukan hanya rendah kalori, tapi berguna bagi kesehatan di masa tua nanti.

4 Manfaat Madu yang Baik untuk Tubuh

oleh Primarasa - 23 Oct 2018

Mulai dari obat batuk sampai merawat kecantikan kulit.

VIDEO

Honey Butter Chicken with Yoland Handoko

Ayam dengan saus madu ala Korea dengan bahan-bahan yang mudah didapat

Aglio Olio ala Nyonya Italia

Teknik memasak pasta yang paling dasar langsung bersama orang Itali

Sup Bakso Rambutan ala Jeffry Tan

Fashion Designer Tanah Air, Jeffry Tan masak di dapur Primarasa.

Fun Red Velvet Eclairs with Dhita

Kue bernuansa merah putih untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke-75!

One Step Avocado Pesto with Margie

Bumbu dasar ala Itali dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya.