Gizi

4 Manfaat Madu yang Baik untuk Tubuh

Foto: Danika Perkinson by Unsplash

Madu salah satu bahan yang mudah ditemukan dan sering kali digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Kandungan nutrisinya juga sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Madu adalah cairan manis yang dihasilkan lebah dari nektar bunga. Madu di pasaran ada yang mentah dan telah dipasteurisasi. Madu mentah diambil langsung dari sarang lebah kemudian dimasukkan ke dalam botol. Madu jenis ini mengandung sejumlah ragi, lilin, dan tepung sari, sementara madu pasteurisasi telah dipanaskan dan diproses untuk menghilangkan 'kotoran'. Berikut empat manfaat madu yang (mungkin) belum banyak diketahui:

1/ Madu sebagai antioksidan
Madu mengandung mineral dan vitamin alami yang membantu metabolisme untuk mengontrol kolesterol atau asam lemak agar tidak 'meracuni' tubuh. Vitamin di dalam madu di antaranya adalah vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, D, E, dan K, sementara mineral daalam madu yaitu kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Mengonsumsi madu secara rutin--1,5 sendok makan per hari atau 10,5 sendok makan per minggu--dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan kerja oragn-organ tubuh, mencegah obesitas maupun kanker. Semakin gelap warna madu, semakin tinggi kandungan antioksidannya.

2/ Madu jadi obat batuk alami
Menurut Dr. James M. Steckelberg dari Mayo Clinic seperti dilansir MSN.com, meminum teh hangat atau air lemon hangat dengan tambahan madu efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan meredakan batuk. Berdasarkan studi tahun 2007, madu terbukti ampuh menenangkan anak-anak yang sulit tidur karena batuknya kumat di malam hari.

Baca juga: Isi Piringku, Kombinasi Sempurna untuk Memenuhi Asupan

3/ Madu bisa mengobati luka
Masih dilansir dari MSN.com, madu ternyata mampu mengobati luka terbuka maupun luka bakar karena menstimulasi jaringan baru dan meminimalisasi pembentukan luka parut. Menurut Joseph Feuerstein dari Stamford Hospital, madu salah satu obat tepercaya untuk mengobati luka, bahkan ada obat resmi yang berbahan dasar madu disebut Medihoney khusus untuk menyembuhkan luka. Madu juga dipakai untuk merawat kecantikan karena bagus untuk melembapkan dan menutrisi kulit. Nggak heran banyak produk perawatan tubuh berbahan dasar madu, kan?

4/ Madu menggantikan gula tambahan pada makanan
Ingin langsing? Madu bisa membantu mendapatkan berat badan ideal. Yap, kandungan madu, mulai dari mineral, asam amino, hingga vitamin sudah dipercaya bagus bagi metabolisme tubuh. Segelas air panas dengannperasan jeruk dan tambahan madu yang diminum di pagi hari akan membantu melancarkan pencernaan serta meluruhkan 'racun' dari tubuh. Rasa manis dari madu juga cocok untuk menggantikan gula saat mengonsumsi makanan maupun minuman. Namun, hindari memakainya secara berlebihan karena madu mengandung juga mengandung glukosa, fruktosa, serta sukrosa. Biasanya dua sendok makan saja sudah cukup untuk memberikan sensasi pada makanan atau minuman. (P)

Sumber:
MSN.com 
BenefitsofHoney.com
MedicalNewsToday.com

 

Share

ARTIKEL LAINNYA

Nangka, Buah Tropis Bernutrisi Tinggi Pengganti Daging

oleh Primarasa - 9 Nov 2018

Olahannya memiliki tekstur mirip dengan daging ayam.

Bayam, Superfood Penajam Daya Ingat

oleh Primarasa - 31 Oct 2018

Bukan hanya rendah kalori, tapi berguna bagi kesehatan di masa tua nanti.

5 Alasan Popcorn Cocok Untuk Diet

oleh Primarasa - 29 Aug 2018

Camilan sehat plus penurun berat badan.

5 Makanan yang Baik untuk Gigi

oleh Primarasa - 23 Aug 2018

Penting untuk tetap menikmati makanan dan minuman enak.

REVIEW

VIDEO

Wedang Ronde

Hangatnya kuah jahe dapat dinikmati bersama ronde yang terbuat dari tepung ketan berisi kacang tanah atau wijen. Pas diseruput saat musim hujan.

Kopi Rarobang Maluku

Kopi dengan sensasi hangat jahe, aroma kayumanis, dan taburan kacang kenari.

Jus Tunaga Ambur

Pernah membayangkan daging ikan dijadikan jus? Ternyata enak juga, kok. Simak kreasi jus dari Finali ...

Ikan Bakar Sambal Colo Colo Pala Ambon

Resep khas Ambon karya Sintje Toumahauw, Juara II Lomba Masakan Ikan Nusantara 2018, yang membawanya ...

Jus Indonesia Merdeka

Kombinasi buah leci yang diblender ditambah potongan stroberi dan buah naga merah mampu melepas daha ...

Tumpeng Indonesia Raya

Warna merah-putih juga bisa diaplikasikan pada tumpeng untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI. Gunakan ...

Bakso Ikan

Bikin bakso ikan sendiri yuk! Caranya gampang kok, lihat videonya sampai habis ya!

Choco-Nut Smoothie Bowl

Smoothie cokelat yang satu ini terlalu lezat untuk dibagi!

Matcha Yoghurt Fruit Bowl

Perpaduan yoghurt yang asam segar dengan matcha dalam fruit bowl yang sehat.