Bahan & Bumbu

Food to Beauty Hacks


(doc. 123rf)


Superfood ini tidak hanya merawat tubuh dari dalam, tapi juga dari luar dengan cara langsung diaplikasikan ke permukaan kulit dijadikan sebagai masker, dari kepala hingga ujung kaki. Simak 10 bahan makanan di bawah ini yang bisa dijadikan skin care:


1. Madu. Madu mempunyai banyak manfaat untuk kulit, beberapa diantaranya adalah dapat membersihkan pori-pori, mengurangi kadar minyak pada permukaan kulit, meredakan kemerahan pada wajah, dan mengencangkan kulit.
 
How to: Campur 1 sdm madu dengan 1 sdt air hangat lalu aplikasikan ke seluruh wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Madu dapat dicampurkan kedalam bahan-bahan dibawah untuk hasil yang maksimal. Sebaiknya menggunakan madu murni yang masih mentah.
 
2. Buah. Hampir semua buah dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk masker wajah dan rambut. Buah mengandung mineral, antioksidan dan vitamin yang dapat mengatasi kulit kering, mencerahkan dan mengencangkan kulit, serta dapat mengobati permukaan kulit secara natural.
 
How to: Haluskan buah secukupnya dengan blender, atau ditumbuk kasar, langsung aplikasikan rata pada wajah yang sudah bersih. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.
 
3. Putih telur. Putih telur mengandung protein yang dapat mengencangkan kulit dan dapat mengangkat komedo. Putih telur dapat digunakan dengan sendirinya, atau dengan campuran seperti air lemon dan madu. Putih telur dan perasan air jeruk lemon dapat digunakan sebagai masker rambut untuk mengobati masalah ketombe, menguatkan dan menghaluskan rambut.
 
How to: Campur putih telur dari 1 butir telur ayam dan 1 sdm air jeruk lemon. Kocok sedikit lalu aplikasikan ke kulit kepala. Diamkan hingga mengering, lalu bilas dan lanjutkan dengan shampo.
 
4. Kayu manis. Mengandung anti bakteri yang menyebabkan tumbuhnya jerawat pada kulit, dan anti jamur yang cocok untuk mengatasi kulit berminyak.
 
How to: Campur 1 sdm madu dengan ½ sdt kayu manis bubuk, aduk rata lalu oleskan kebagian T-zone. Diamkan selama 10 menit atau sampai kulit terasa memanas lalu bilas dengan air sambil sambil digosok-gosok secara perlahan keseluruh bagian muka dan bibir sebagai exfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Hasilnya kulit langsung akan terasa halus dan bercahaya.
 
5. Kunyit. Selain menjadi bumbu dasar membuat kari, kunyit sangat dipercaya akan khasiatnya sebagai pengobatan tradisional di dunia karena mengandung banyak manfaat bagi tubuh.
 
How to: Untuk mencerahkan wajah, campur 1 sdt bubuk kunyit dengan 1 sdm plain yoghurt atau minyak kelapa, oles rata pada wajah dengan kuas datar, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air.
 
6. Kopi. Salah satu manfaat kopi adalah dapat melawan radikal bebas dan juga sebagai exfoliator natural.
 
How to: Campur ampas kopi dengan minyak zaitun atau madu lalu aplikasikan keseluruh wajah dan leher. Campur dengan minyak kelapa untuk pemakaian keseluruh badan. Sebaiknya menggunakan ampas kopi untuk ini. No sugar, please.
 
7. Kuning telur. Vitamin A dan E, biotin, dan folat merupakan nutrisi yang diperlukan oleh rambut. Masker rambut dengan kuning telur dapat mengobati rambut kering dan rusak, serta membuat rambut lebih berkilau.
 
How to: Campur 1 kuning telur dan 2 sdm minyak zaitun, aduk rata lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata, diamkan 15-30 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih. Lanjutkan dengan sedikit shampoo untuk menghilangkan bau.
 
8. Jahe. Sudah tidak asing lagi kalau jahe memang manjur khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Selain dipercaya menjadi salah satu sumber anti-aging, jahe juga dapat meratakan warna kulit. Kandungan antioksidan didalamnya dapat mengobati kerontokan parah pada rambut.
 
How to: Campurkan 2 sdm jahe bubuk dengan minyak castor secukupnya sampai menjadi pasta, aplikasikan pada kulit kepala dan rambut, biarkan selama 1-2 jam lalu bilas dengan air hangat. Gunakan 2-3 kali seminggu secara rutin.
 
9. Baking soda. Selain untuk membuat kue, baking soda juga dipercaya dapat menghilangkan bekas jerawat, membersihkan komedo dan mengecilkan pori-pori pada wajah, serta merawat kulit kepala.
 
How to: Campurkan 1 sdt baking soda dengan 1 sdt madu, gosokan perlahan pada daerah yang bermasalah searah jarum jam. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.
 
10. Timun. Salah satu sayur yang tinggi akan kandungan mineral dan vitaminnya ini dapat meredakan kulit wajah yang stress akibat pergantian cuaca yang ekstrim dan polusi udara. Timun banyak digunakan sebagai bahan pelengkap pada skin care karena baik untuk mengatasi kulit yang dehidrasi.
 
How to: Jus 1 timun kecil lalu simpan di dalam toples, masukan beberapa kapas untuk menyerap sarinya, lalu simpan di dalam kulkas. Pakai setiap hari selama 10 menit untuk mengempeskan kantung mata yang lelah.

Share

REVIEW

ARTIKEL LAINNYA

5 Jenis Mie yang Cocok untuk Diet

oleh Primarasa - 23 Sep 2020

Mie sehat untuk Anda yang ingin diet.

Buah dan Sayuran yang Dapat Dijadikan Mie

oleh Primarasa - 23 Sep 2020

4 bahan untuk membuat mie sehat.

Serba-serbi Daun Pandan

oleh Primarasa - 1 Sep 2020

Mulai dari manfaat hingga kuliner khas Indonesia yang menggunakan daun pandan.

Maizena, Tapioka, dan Sagu, Sama Kah?

oleh Primarasa - 24 Aug 2020

Serupa tapi tak sama, temukan perbedaannya disini.

Jenis-jenis Olive Oil

oleh Primarasa - 3 Jun 2020

Empat macam jenis minyak zaitun untuk kebutuhan memasak.

VIDEO

Honey Butter Chicken with Yoland Handoko

Ayam dengan saus madu ala Korea dengan bahan-bahan yang mudah didapat

Aglio Olio ala Nyonya Italia

Teknik memasak pasta yang paling dasar langsung bersama orang Itali

Sup Bakso Rambutan ala Jeffry Tan

Fashion Designer Tanah Air, Jeffry Tan masak di dapur Primarasa.

Fun Red Velvet Eclairs with Dhita

Kue bernuansa merah putih untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke-75!

One Step Avocado Pesto with Margie

Bumbu dasar ala Itali dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya.