Gizi

5 Alasan Popcorn Cocok Untuk Diet


Foto: Pixabay
 
Popcorn tidak harus selalu dihindari sebagai camilan jika sedang berdiet. Justru popcorn merupakan salah satu camilan yang pas disantap terutama ketika sedang menurunkan berat badan. Bisa dibilang popcorn adalah salah satu camilan sehat. Kandungan nutrisinya bisa membantu memerangi kanker, memenuhi kebutuhan akan serat, bahkan memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dari buah dan sayuran. Berikut alasan - alasan mengapa popcorn tidak perlu dihindari. 

1. Kalori rendah jika diolah dengan benar
Perlu diingat pada artikel ini popcorn yang dibahas adalah popcorn murni tanpa tambahan bahan penyedap atau penambah rasa lainnya. Popcorn yang memang hanya berupa jagung yang meletup biasanya memiliki kalori sebesar 30 kalori dalam satu mangkuknya. Sedangkan popcorn yang sering ditemui di bioskop-bioskop, terutama dengan tambahan butter, satu porsinya memiliki kandungan 1000 - 1200 kalori dan 57 - 60 gram lemak jenuh. Ingin membuat popcorn "murni"? Cukup masukan biji popcorn dalam kantong kertas, tutup rapat, lalu dimasak menggunakan microwave hingga popcornnya jadi.

2. Kandungan antioksidan tinggi
Peneliti dari Universitas Scranton, Amerika, menemukan bahwa popcorn memiliki kandungan polyphenol tinggi. Polyphenol ini sering ditemukan pada tumbuhan--tertinggi pada buah dan sayuran--dan berperan sebagai antioksidan serta antiperadangan. Tapi, polifenol pada popcorn hanya "terbuat"dari air sebanyak 4% dari keseluruhan bahan pembentuk popcorn, membuatnya sangat terkonsentrasi dan terutama mengumpul di bagian cangkangnya yang keras (sering menyangkut pada gigi Anda). Satu porsi popcorn mengandung polifenol hingga 300 mg dari rata-rata kebutuhan harian manusia (di Amerika). Ini lebih tinggi dari buah yang hanya memenuhi 225 mg per hari dan sayuran sebanyak 218 mg per hari. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa mengganti buah dan sayuran dengan memakan popcorn. Popcorn tidak memiliki vitamin dan nutrisi sebanyak sayuran dan buah.

3. Membantu memerangi kanker
Kandungan polifenol yang tinggi tadi juga membuat popcorn mampu memerangi kanker. Polyphenol ini berguna menghambat produksi enzim yang dibutuhkan sel-sel kanker untuk berkembang biak dalam tubuh. Meningkatkan polifenol biasanya sambil mengonsumsi buah dan sayuran, ternyata dapat juga dengan popcorn. Makanan dengan kandungan polyphenol tinggi dapat juga mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Memenuhi kebutuhan whole grain
Popcorn jadi satu-satunya camilan yang 100% mengandung whole grain belum terproses. Hanya satu porsi, popcorn sudah mengandung lebih dari 70% whole grain yang direkomendasikan dikonsumsi per hari.

5. Membantu kenyang lebih lama
Popcorn disebut camilan diet yang sempurna. Pasalnya, memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga membuat Anda akan merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, menghindari Anda dari godaan menyemil hidangan-hidangan manis dan berlemak di antara waktu makan. Yang penting, jangan ditambahkan butter, garam, hingga karamel pada popcorn Anda, sehingga tetap memiliki kandungan kalori dan nutrisi yang disebutkan sebelumnya.(P)


Coba juga: 3 Kiat Praktis Memilih Jagung
                  Bubur Jagung

Sumber: Taste of Home

Share

ARTIKEL LAINNYA

Nangka, Buah Tropis Bernutrisi Tinggi Pengganti Daging

oleh Primarasa - 9 Nov 2018

Olahannya memiliki tekstur mirip dengan daging ayam.

Bayam, Superfood Penajam Daya Ingat

oleh Primarasa - 31 Oct 2018

Bukan hanya rendah kalori, tapi berguna bagi kesehatan di masa tua nanti.

4 Manfaat Madu yang Baik untuk Tubuh

oleh Primarasa - 23 Oct 2018

Mulai dari obat batuk sampai merawat kecantikan kulit.

5 Makanan yang Baik untuk Gigi

oleh Primarasa - 23 Aug 2018

Penting untuk tetap menikmati makanan dan minuman enak.

REVIEW

VIDEO

Wedang Ronde

Hangatnya kuah jahe dapat dinikmati bersama ronde yang terbuat dari tepung ketan berisi kacang tanah atau wijen. Pas diseruput saat musim hujan.

Kopi Rarobang Maluku

Kopi dengan sensasi hangat jahe, aroma kayumanis, dan taburan kacang kenari.

Jus Tunaga Ambur

Pernah membayangkan daging ikan dijadikan jus? Ternyata enak juga, kok. Simak kreasi jus dari Finali ...

Ikan Bakar Sambal Colo Colo Pala Ambon

Resep khas Ambon karya Sintje Toumahauw, Juara II Lomba Masakan Ikan Nusantara 2018, yang membawanya ...

Jus Indonesia Merdeka

Kombinasi buah leci yang diblender ditambah potongan stroberi dan buah naga merah mampu melepas daha ...

Tumpeng Indonesia Raya

Warna merah-putih juga bisa diaplikasikan pada tumpeng untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI. Gunakan ...

Bakso Ikan

Bikin bakso ikan sendiri yuk! Caranya gampang kok, lihat videonya sampai habis ya!

Choco-Nut Smoothie Bowl

Smoothie cokelat yang satu ini terlalu lezat untuk dibagi!

Matcha Yoghurt Fruit Bowl

Perpaduan yoghurt yang asam segar dengan matcha dalam fruit bowl yang sehat.