Bahan & Bumbu

Saffron, Pelezat Makanan Termahal di Dunia yang Kaya Manfaat


Foto: Pixabay/Ulleo



Salah satu bumbu khas yang sering ada dalam masakan Persia, India, Eropa, dan Turki adalah saffron. Bumbu berwarna oranye kemerahan ini sering disebut sebagai anak emas dunia kuliner. Pertama karena warnanya yang cantik kemudian menjadi kuning saat ditambahkan dalam masakan. Hidangan pun lebih berwarna. Tentu saja, bumbu ini membuat hidangan makin lezat. 

Keistimewaan lainnya adalah harganya yang sangat mahal. Saking mahalnya, sejarah pernah mencatat, perebutan saffron sampai menimbulkan perang selama 14 minggu ddi Eropa pada tahun 1374.  Situs Brightside.me pernah mengurutkan materi-materi termahal di dunia dan saffron berada di urutan ke-16, satu tingkat di bawah emas. Harga saffron bisa mencapai Rp 159.000 per gramnya. Wow!

Dikerjakan dengan tangan
Saffron berasal dari putik bunga Crocus, yang berbunga setiap musim gugur dan tumbuh di tempat bercuaca ekstem. Masa panen Saffron hanya sekitar 1 - 3 minggu per tahun dan harus dipetik dengan tangan saat memanen. Untuk menghasilkan satu gram saffron, dibutuhkan kurang lebih 150 bunga Crocus dan, tentu, tenaga kerja manusia yang memada untuk mengambil dan mengumpulkan putik-putik Crocus tadi. Inilah yang membuat saffron begitu mahal.

Selain menambah kelezatan makanan, saffron juga bermanfaat bagi kesehatan. Pada abad ke-14, saffron digunakan sebagai penyembuh wabah Maut Hitam (Black Death). Di zaman modern saat ini, saffron dipercaya bisa mengobati insomnia hingga penyakit pada saluran pencernaan dan kekebalan tubuh.

Paella dari Spanyol adalah salah satu masakan yang menggunakan saffron sebagai salah satu bumbunya. Bukan hanya laut utama, saffron juga dapat jadi tambahan penguat rasa pada hidangan penutup. Bila hidangan Anda mengandung vanilla, saffron akan memperkuat rasa tersebut. 

Tidak perlu banyak-banyak, sedikit saffron mampu menambah aroma dan menimbulkan warna kuning keemasan yang mempercantik sajian Anda. Selain itu, kombinasi dengan bumbu lain bisa menguatkan bumbu tersebut dan menambah rasa manis.


Bunga Crocus (Foto: Pixabay)
 

Bumbu pengganti
Saffron kebanyakan ditemukan di Timur Tengah dan Eropa. Perkebunan saffron banyak berkembang di sana. Bila Anda ingin mendapatkan "taste" saffron, tapi sulit mendapatkannya serta harganya yang membuat dompet menjerit, ada bumbu pengganti saffron yang bisa digunakan, yaitu kunyit. Ya, kunyit lebih mudah didapatkan dan murah, tapi mampu memberikan warna sama seperti saffron pada makanan.  

Namun, tidak perlu banyak-banyak menggunakan kunyit--lebih sedikit dari saffron---karena saffron sebenarnya rasanya lebih lembut dari kunyit. Menurut situs Taste of Home, Chef Geoffrey Zakarian menyarankan untuk mengombinasikan 1/4 sendok makan kunyit dengan 1/2 sendok makan paprika, guna memperoleh rasa yang mendekati saffron. Selamat memasak! (P)
 
 

Share

REVIEW

ARTIKEL LAINNYA

5 Jenis Mie yang Cocok untuk Diet

oleh Primarasa - 23 Sep 2020

Mie sehat untuk Anda yang ingin diet.

Buah dan Sayuran yang Dapat Dijadikan Mie

oleh Primarasa - 23 Sep 2020

4 bahan untuk membuat mie sehat.

Serba-serbi Daun Pandan

oleh Primarasa - 1 Sep 2020

Mulai dari manfaat hingga kuliner khas Indonesia yang menggunakan daun pandan.

Maizena, Tapioka, dan Sagu, Sama Kah?

oleh Primarasa - 24 Aug 2020

Serupa tapi tak sama, temukan perbedaannya disini.

Jenis-jenis Olive Oil

oleh Primarasa - 3 Jun 2020

Empat macam jenis minyak zaitun untuk kebutuhan memasak.

VIDEO

Blueberry Muffin with Margie

Membuka rahasia resep andalan yang sesuai dengan keinginannya.

One Pan Mackerel ala Tante Sayur

Rahasia Tante Sayur dalam mengolah ikan dan sayur dengan sedikit bumbu.

Honey Butter Chicken with Yoland Handoko

Ayam dengan saus madu ala Korea dengan bahan-bahan yang mudah didapat

Aglio Olio ala Nyonya Italia

Teknik memasak pasta yang paling dasar langsung bersama orang Itali

Sup Bakso Rambutan ala Jeffry Tan

Fashion Designer Tanah Air, Jeffry Tan masak di dapur Primarasa.

Fun Red Velvet Eclairs with Dhita

Kue bernuansa merah putih untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke-75!

One Step Avocado Pesto with Margie

Bumbu dasar ala Itali dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya.