Bahan & Bumbu

Mengenal Jenis Pasta


Foto: Davide Ragusa on Unsplash
 
Di Italia, hingga saat ini terdapat lebih dari 500 jenis pasta dengan beragam ukuran dan bentuk, serta nama yang terdengar menarik. Bahkan, dengan bangga, orang Italia selalu menyebut, mereka menciptakan aneka bentuk pasta baru setiap tahun.

Pasta pada awalnya terbuat dari tepung gandum durum yang diuleni bersama air. Secara tradisional, adonan diuleni menggunakan tangan, karena diyakini bisa menghasilkan pasta yang lebih bagus.  Alasannya, saat bersentuhan langsung dengan adonan, tangan bisa mendeteksi kapan adonan sudah 'kalis'. Tetapi, untuk produksi dalam skala besar tentu saja mesin pengaduk pasta lebih bisa diandalkan.

Baca juga: Membuat Adonan Dasar Pasta

Kini, untuk tujuan diet tertentu, ada juga pasta yang dibuat dari tepung jenis lain, seperti tepung terigu, tepung whole wheat, tepung beras, atau tepung jagung. Ada juga pasta yang diberi bahan tambahan seperti keju, bayam, tomat, tinta cumi-cumi, atau pewarna makanan untuk menambah rasa dan mempercantik penampilan.

Secara umum, pasta dikelompokkan  menjadi pasta segar (pasta fresca) dan pasta kering (pasta secca). Pasta segar tidak dikeringkan dulu setelah dibentuk, karenanya hanya tahan beberapa hari disimpan dalam lemari es. Dibandingkan dengan pasta kering, pasta segar lebih enak rasanya, karena ditambahkan telur ke dalam adonannya. Karena lebih enak itulah, hingga kini masih banyak orang di Italia yang membuatnya sendiri untuk keperluan sehari-hari. Pasta kering diproduksi secara massal di pabrik, sehingga lebih tahan lama dan bisa dijual ke berbagai negara. Di pasar Indonesia, pasta kering lebih mudah diperoleh. Pasta segar seperti ravioli hanya dijual dalam bentuk frozen di supermarket.

Baca juga: 8 Peralatan Membuat Pasta

Berdasarkan bentuknya, pasta dibedakan menjadi dua, yaitu pasta lunga, adalah semua pasta yang berbentuk panjang berukuran lebih dari 10 cm seperti spaghetti, spaghettini, fetuccine, angel's hair, tagliatelle, pappardelle, dan long macaroni. Sedangkan pasta yang bentuknya lebih pendek seperti penne, farfalle, macaroni elbow, rigatoni, fusili, route, dan conchigliette dikelompokkan dalam pasta corta. Selain itu, ada juga pasta lembaran yang disebut lasagne atau lasagna, lebarnya sekitar 8 cm. Lasagna dengan ukuran lebih kecil  (lebar ± 2 cm) dan tepinya bergelombang disebut lasagnette. (P)    

Coba juga:
Resep Spaghetti Bowl
Resep Mushroom & Spinach Lasagna
 

 

Share

REVIEW

ARTIKEL LAINNYA

5 Jenis Mie yang Cocok untuk Diet

oleh Primarasa - 23 Sep 2020

Mie sehat untuk Anda yang ingin diet.

Buah dan Sayuran yang Dapat Dijadikan Mie

oleh Primarasa - 23 Sep 2020

4 bahan untuk membuat mie sehat.

Serba-serbi Daun Pandan

oleh Primarasa - 1 Sep 2020

Mulai dari manfaat hingga kuliner khas Indonesia yang menggunakan daun pandan.

Maizena, Tapioka, dan Sagu, Sama Kah?

oleh Primarasa - 24 Aug 2020

Serupa tapi tak sama, temukan perbedaannya disini.

Jenis-jenis Olive Oil

oleh Primarasa - 3 Jun 2020

Empat macam jenis minyak zaitun untuk kebutuhan memasak.

VIDEO

Honey Butter Chicken with Yoland Handoko

Ayam dengan saus madu ala Korea dengan bahan-bahan yang mudah didapat

Aglio Olio ala Nyonya Italia

Teknik memasak pasta yang paling dasar langsung bersama orang Itali

Sup Bakso Rambutan ala Jeffry Tan

Fashion Designer Tanah Air, Jeffry Tan masak di dapur Primarasa.

Fun Red Velvet Eclairs with Dhita

Kue bernuansa merah putih untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke-75!

One Step Avocado Pesto with Margie

Bumbu dasar ala Itali dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya.