Acara & Liputan

Menikmati Bir Bukan Lagi Sekadar Berburu Kadar Alkohol

Talkshow Craft Beer in Indonesia (left to right: Ian Kusmuljadi, Benson Ishak, Laki Gushary, Ade Putri)

Sedang tumbuhnya skena craft beer di Indonesia, membawa angin segar bagi para penggemar bir yang haus akan variasi rasa. Sementara bagi penikmat bir konvensional, atau bahkan ‘ortodok’, tidak cuma dapat menikmati rasa bir yang tak biasa, tapi juga membuka cakrawala serta cara baru dalam menikmati bir.

“Orang-orang kini mulai menikmati craft beer,” ujar Ian Kusmuljadi membuka talkshow Craft Beer in Indonesia. Craft Beer (bir kriya) merupakan sebutan untuk bir artisan, yakni bir produk rumahan yang mengedepankan inovasi rasa. Bahan-bahan campuran dalam craft beer bisa berasal dari buah-buahan, rempah-rempah, teh, dan sebagainya tergantung dari kreativitas brewer-nya.

“Sudah mulai berubah, orang-orang mulai cari rasa, nggak cuma cari ABV tinggi saja.” Dengan tidak semata mencari Alcohol by volume (ABV) yang tinggi, Ian melanjutkan, “Nggak mencari mabuk saja.”

Memang, mulanya publik mencicipi bir ini dengan mengernyitkan dahi, seperti diakui oleh Laki Gushari, Co-founder Coffeebeerian, pelaku craft beer generasi awal di Indonesia. “Saat kita mulai di tahun 2012 siapa, sih, yang jual craft beer? Nggak ada. Orang-orang bilang, ‘Kok, aneh? Kok, pahit? Kok, kayak jamu?’ Kita jelaskan bahwa justru bir ya alaminya kayak gini.”

Dalam memperkenalkan craft beer, dirinya pun tak peduli jika racikannya kemudian tidak laku. “Kalaupun ketika orang nyoba terus nggak suka, nggak laku, nggak masalah. Setidaknya mereka tahu ada bir yang rasanya asam, misalnya,” tutur Laki. “Tapi biasanya,” ia menambahkan, “orang-orang yang sudah sering ke luar negeri sering mencoba bermacam-macam beer style.”

Kenyataannya kini orang-orang mulai dapat menerima kehadiran craft beer, meski harganya cukup tinggi dan dengan ‘porsi’ yang tak bisa dibilang banyak. “Ada juga, kok, yang datang ke tempat kita naik motor, bukan motor baru, bahkan kalau dilihat sudah nggak layak jalan,” ia bercerita. “Gajinya bisa jadi hanya UMR, tapi rela saving money beberapa waktu untuk spending menikmati craft beer.”

Dari kedai Coffeebeerian secara alami terbentuk pula komunitas pencinta craft beer. Benson Ishak, The Brewing Project Indonesia Winner, merasa gembira akan hal tersebut dan berharap akan, “Adanya regulasi bagi insdutri bir skala mikro di Indonesia.” Dengan rambu-rambu yang jelas, seperti dikatakannya, akan makin mendorong para brewer untuk bekreasi sehingga bir kriya makin kaya rasa. (P)
 

Share

REVIEW

ARTIKEL LAINNYA

HappyFresh: Komitmen Untuk Mengalahkan COVID-19

oleh Primarasa - 13 May 2020

Marathon untuk mengumpulkan donasi bagi orang-orang yang terkena dampak wabah COVID-19.

Mengenal shirataki bersama FITmee.

oleh Primarasa - 23 Jan 2020

Mi instan rendah kalori berbahan dasar shirataki pertama di Indonesia kini hadir dengan 4 varian rasa.

Dapur Oma Elly: Cita Rasa Italia Penuh Cinta

oleh Primarasa - 30 Dec 2019

Menikmati sajian lezat khas Italia dalam tatanan dapur terbuka yang eksklusif.

Gorry Gourmet. Katering Sehat Berbasis Teknologi

oleh Primarasa - 26 Dec 2019

Solusi gaya hidup sehat untuk diri sendiri dan orang sekitar.

Kecap Sedaap Lomba Masak Resep Mertua Surabaya

oleh Primarasa - 30 Oct 2019

Surabaya menjadi kota penutup rangkaian lomba masak resep mertua roadshow

Membicarakan Branding Produk Selalu Seru, dari Kemasan Hingga Persepsi Pelanggan

oleh Primarasa - 16 Oct 2019

Branding berperan penting untuk menentukan posisi sehingga menjadi pembeda dengan kompetitor.

VIDEO

Easy Banana Bread With Ira

Resep Banana Bread atau Banana Cake ini adalah salah satu resep andalan saya. Karena saya tidak pern ...

Wedang Ronde

Hangatnya kuah jahe dapat dinikmati bersama ronde yang terbuat dari tepung ketan berisi kacang tanah atau wijen. Pas diseruput saat musim hujan.

Kopi Rarobang Maluku

Kopi dengan sensasi hangat jahe, aroma kayumanis, dan taburan kacang kenari.

Jus Tunaga Ambur

Pernah membayangkan daging ikan dijadikan jus? Ternyata enak juga, kok. Simak kreasi jus dari Finali ...

Ikan Bakar Sambal Colo Colo Pala Ambon

Resep khas Ambon karya Sintje Toumahauw, Juara II Lomba Masakan Ikan Nusantara 2018, yang membawanya ...

Jus Indonesia Merdeka

Kombinasi buah leci yang diblender ditambah potongan stroberi dan buah naga merah mampu melepas daha ...

Tumpeng Indonesia Raya

Warna merah-putih juga bisa diaplikasikan pada tumpeng untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI. Gunakan ...

Bakso Ikan

Bikin bakso ikan sendiri yuk! Caranya gampang kok, lihat videonya sampai habis ya!

Choco-Nut Smoothie Bowl

Smoothie cokelat yang satu ini terlalu lezat untuk dibagi!